BAB III
Kesimpulan

Sesungguhnya, keadaan umat Islam yang jauh tertinggal oleh bangsa-bangsa lain memang sangat memilukan. Namun barangkali tidak perlu disesali sedemikian rupa sehingga kita kehilangan kemampuan melihat kedepan dengan penuh harapan. Sebagaimana yang telah dikemukakan bahwa yang paling diperlukan pada tahap sekarang ini ialah membangkitkan kembali etos intelektual Islam klasik yang membuat para pendahulu kaum Muslim begitu kreatif dan kuat dalam wawasan. Tentunya yang amat diperlukan lagi- sejalan dengan etos intelektual itu- ialah etos kemanusiaan, yakni sikap percaya kepada manusia dan kekuatannya. Inilah dasar kosmopolitanisme Islam masa lalu, yang melihat perbendaharaan kultural umat manusia sebagai milik sendiri sehingga tak segan-segan mengambil serta mengembangkannya.
Kemudian juga diperlukan upaya terus-menerus umat Islam dalam meningkatkan kreativitas ilmiah, kemampuan berpikir rasional, kesanggupan menghargai pandangan yang berbeda, semangat keterbukaan, gairah belajar dari mana dan siapa saja. Sebagaimana yang dikemukakan Imam Malik, “Laa yashluhu amru hadzihil ummah illa bimaa bihi awwaluha.” Dalam artian bahwa- umat Islam harus mengikuti langkah-langkah yang ditempuh para ulama, pemikir, dan negarawan Islam terdahulu, yakni mempunyai semangat jihad, ijtihad, dan bersikap terbuka dalam menyongsong hari depan yang penuh harapan dan kebahagiaan.

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Syalabi, al-Mujtama’ Islami, Kairo: Maktabah an-Nahdhoh Mishriyah, 1958

Ahmed, Akbar S., Discovering Islam, Making Sense of Muslim History and Society, Terjemah, Zulfahmi Andri, New Delhi: Vistaar Publication, 1990

Asrohah, Hanun, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, Cet. I, 1997.

al-Andalusi, Sha’id, Kitab Thabaqat al Umam, ed. L. Cheiko, Beirut: al-Mathba’at al-Katsulikiyah, 1912.

al-Asyqar, Umar Sulayman, Tarikh al-Fiqh al-Islamiy, Kuwait: Maktabah al-Falah, Cet. I, 1982.

Madid, Nurcholis, Kaki Langit Peradaban Islam, Jakarta: Paramadina, Cet. I, 1997.

Nasution, Harun, Islam Rasional, Bandung: Mizan, Cet. I, 1996.

Raliby, Osman, Ibnu Chaldun tentang Masyarakat dan Negara, Jakarta: Bulan Bintang, Cet. I, 1961.

Sunandari, Muhammad, “Konsep Da’wah Islamiyah Menurut Abu al A’la al-Maududi,” Da’wah Jurnal Kajian Dakwah, Komunikasi dan Budaya, Vol. X, No. 2, Jakarta: Fakultas Da’wah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2003.

Post a Comment

 
Top