Tinjauan Umum
tentang Psikologi
A. Pengertian Psikologi
Psikologi berasal dari dua kata
Yunani, yaitu psyche dan logos. Mengenai kata logos, kiranya sudah banyak orang
tahu bahwa artinya adalah nalar, logika, atau ilmu. Karena itu psikologi
berarti psyche. Tetapi apakah psyche itu? Nah, di sinilah terdapat perbedaan
yang berlarut-larut itu.
Kalau kita periksa oxford dictionary misalnya, kita akan melihat bahwa istilah psyche mempunyai banyak arti dalam bahasa inggris yaitu soul, mind, dan spirit. Dalam bahasa Indonesia ketiga kata-kata bahasa Inggris itu dapat dicakup dalam satu kata yaitu “jiwa”. Karena itulah dalam bahasa Indonesia kebanyakan orang cenderung mengartikan psikologi sebagai ilmu jiwa. Tetapi kecendrungan ini tidak terdapat dalam bahasa Indonesia saja. Kalau kita periksa dalam bahasa Belanda misalnya, maka psikologi diartikan sebagai zielkunde, dalam bahasa Jerman seelenkunde, dalam bahasa Arab ilmun-nafsi, yang semuanya itu tak lain artinya daripada ilmu jiwa.[1]
Kalau kita periksa oxford dictionary misalnya, kita akan melihat bahwa istilah psyche mempunyai banyak arti dalam bahasa inggris yaitu soul, mind, dan spirit. Dalam bahasa Indonesia ketiga kata-kata bahasa Inggris itu dapat dicakup dalam satu kata yaitu “jiwa”. Karena itulah dalam bahasa Indonesia kebanyakan orang cenderung mengartikan psikologi sebagai ilmu jiwa. Tetapi kecendrungan ini tidak terdapat dalam bahasa Indonesia saja. Kalau kita periksa dalam bahasa Belanda misalnya, maka psikologi diartikan sebagai zielkunde, dalam bahasa Jerman seelenkunde, dalam bahasa Arab ilmun-nafsi, yang semuanya itu tak lain artinya daripada ilmu jiwa.[1]
Kata jiwa ditilik dari akar kata
bahasa Arab, yaitu kata al-nafs. Al-nafs (nun-fa-sin) menunjukkan arti
keluarnya angin lembut bagaimana pun adanya. Al-nafs juga diartikan darah, atau
hati (qalb) dan sanubari (damir), padanya ada rahasia yang tersembunyi. Juga
berarti ruh, saudara, ‘indahu (kepemilikan). Dalam al-mu’jam al-falsafy, kata
al-nafs diartikan dengan merujuk kepada tiga versi pendapat; Aristoteles,
dengan permulaan kehidupan (vegetative), Kelompok Spiritual (al-ruh iyyun)
mengartikannya sebagai jauhar (substansi) ruh, dan yang lainnya mengartikan
sebagai jauhar (substansi) berfikir.
Dalam filsafat, pengertian jiwa
diklasifikasi dengan bermacam-macam teori antara lain:
1. Teori yang memandang bahwa jiwa itu merupakan
substansi yang berjenias khusus, yang dilawankan dengan substansi materi,
sehingga manusia dipandang memiliki jiwa dan raga.
2. Teori yang memandang bahwa jiwa itu merupakan
suatu jenis kemampuan, yakni semacam pelaku atau pengaruh dalam
kegiatan-kegiatan.
3. Teori yang memandang jiwa semata-mata sebagai
sejenis proses yang tampak pada organisme-organisme hidup.
4. Teori yang menyamakan pengertian jiwa dendang
pengertian tingkah laku.
Dari uraian di atas dapat dipahami
bahwasanya jiwa kadangkala diartikan sebagai sesuatu yang berbentuk fisik yang
materil melekat pada diri manusia, tampak dan tidak tersembunyi, tetapi pada
waktu lain ia mengandung arti sebagai sesuatu yang berbentuk non-materil, yang
mengalir pada diri fisik manusia sebagai jauhar (substansi), substansi ruh
ataupun substansi berfikir.
Dalam psikologi, jiwa lebih
dihubungkan dengan tingkah laku sehingga yang diselidiki oleh psikologi adalah
perbuatan-perbuatan yang dipandang sebagai gejala-gejala dari jiwa. Teori-teori
psikologi, baik psikoanalisa, behaviorisme maupun humanisme memandang jiwa sebagai
sesuatu yang berada dibelakang tingkah laku
Para filosof Yunani termasuk
Aristoteles tampaknya memahami jiwa sebagai sesuatu yang sulit digambarkan
secara materiil, sebagai sesuatu yang membutuhkan ruang dan tempat. Ia bersifat
gradual dan tercecer ke mana-mana yang tidak punya ukuran sama sekali. Tetapi
ia ada pada setiap makhluk yang punya roh, dan memiliki fungsi dalam gerak
makhluk. Sesuatu yang tidak memiliki fisik tetapi punya fungsi.
Di kalangan ahli sufi, nafs diartikan
sesuatu yang melahirkan sifat tercela. Al-Ghazali, misalnya menyebut nafs
sebagai pusat potensi marah dan syahwat pada manusia dan sebagai pangkal dari
segala sifat tercela. Pengertian ini antara lain dipahami dari hadits, musuhmu
yang paling berat adalah nafsumu.
Sedangkan menurut al-Qusyairi, ruh,
jiwa, dan badan adalah satu komponen (jumlah) yang membentuk manusia, yang
sebagiannya tunduk kepada sebagian yang lain. Di kalangan ulama ahlu sunnah,
terkadang mereka sepakat tentang jiwa dan ruh dalam satu aspek, tetapi ia berbeda
pada aspek yang lain. al-Qusyairy mencontohkan, Ibnu Abbas dan Ibnu Habib
keduanya sepakat bahwa ruh adalah kehidupan atau sumber kehidupan. Keduanya
juga sepakat bahwa jiwalah yang diwafatkan saat manusia sedang tidur.
Tetapi menurut Ibnu Habib jiwa adalah
syahwatiah (kesyahwatan) yang merasakan kelezatan dan merasakan sakit,
Sedangkan Ibnu Abbas menganggapnya sebagai akal yang mengetahui, membedakan dan
memerintah. Pendapat keduanya tentang jiwa yang diwafatkan saat manusia tidur
ditentang oleh sebagai muhaqqiq ahlu sunnah yang berpendapat bahwa rohlah yang
berpisah dan terangkat saat manusia sedang tidur dan bukan jiwa.
[1] Sarlito W. Sarwono, Berkenalan dengan Aliran-aliran dan
Tokoh-tokoh Psikologi, (Jakarta: PT Bulan Bintang, 2000), p. 4
Post a Comment