Dibalik Awan Kelam Matahari Tetap Berbinar

3/22/2012

Konsep dan Ibadah dalam Agama Kristen

22:32 Posted by Muslim Zuhdi No comments
Agama Kristen termasuk salah satu dari agama Abrahamik yang berdasarkan hidup, ajaran, kematian dengan penyaliban, kebangkitan, dan kenaikan Yesus dari Nazaret ke surga, sebagaimana dijelaskan dalam Perjanjian Baru, umat Kristen meyakini bahwa Yesus adalah Mesias yang dinubuatkan dalam dari Perjanjian Lama (atau Kitab suci Yahudi). Kkristenan adalah monoteisme, yang percaya akan tiga pribadi (secara teknis dalam bahasa Yunani hypostasis) Tuhan atau Tritunggal. Tritunggal dipertegas pertama kali pada Konsili Nicea Pertama (325) yang dihimpun oleh Kaisar Romawi Konstantin I.
Pemeluk agama Kristen mengimani bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juru Selamat, dan memegang ajaran yang disampaikan Yesus Kristus. Dalam kepercayaan Kristen, Yesus Kristus adalah pendiri jemaat (gereja) dan kepemimpinan gereja yang abadi (Injil Matius 16: 18-19)
Umat Kristen juga percaya bahwa Yesus Kristus akan datang pada kedua kalinya sebagai Raja dan Hakim akan dunia ini. Sebagaimana agama Yahudi, mereka menjunjung ajaran moral yang tertulis dalam Sepuluh Perintah Tuhan.
Kata Kristen sendiri memiliki arti "pengikut Kristus atau "pengikut Yesus". Murid-murid Yesus Kristus untuk pertama kalinya disebut Kristen ketika mereka berkumpul di Antiokia (Kisah Para Rasul 11: 26c).
Sepeninggal Yesus, kepemimpinan orang Kristen diteruskan berdasarkan penunjukan Petrus oleh Yesus. Setelah Petrus meninggal kepemimpinan dilanjutkan oleh para uskup yang dipimpin oleh uskup Roma. Pengakuan iman mereka menyebutkan kepercayaan akan Allah Tritunggal yang Mahakudus, yakni Bapa, Anak (Yesus Kristus), Roh kudus, Gereja yang satu, kudus, katolik, apostolik; pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan kekal.
Setelah itu, Gereja Kristen mengalami dua kali perpecahan yang besar: yang pertama terjadi pada tahun 1054 antara Gereja Barat yang berpusat di Roma (Gereja Katolik Roma) dengan Gereja Timur (Gereja Ortodoks Timur) yang berpusat di Konstantinopel (sekarang Turki). Yang kedua terjadi antara Gereja Katolik dengan Gereja Protestan pada tahun 1517 ketika Martin Luther memprotes ajaran Gereja yang dianggapnya telah menyimpang dari kebenaran.
Dalam ajaran Kristen, ada bermacam-macam ibadah yang dilakukan di antaranya:
  1. Ibadah Mingguan
  2. Perayaan Sakramen (janji setia di hadapan umum) adalah tanda kelihatan yang diadakan oleh Kristus (dan dilanjutkan oleh Gereja) yang menyatakan dan menyampaikan rahmat.
Perayaan lain dilaksanakan juga tetapi tidak disebut sebagai sakramen. Untuk lebih jelas, ketujuh sakramen dalam Gereja Kristen Katolik (termasuk dua di antaranya yang diakui oleh Gereja Kristen) di antaranya:
a.       Sakramen Permandian (Pembaptisan)
b.      Sakramen Ekaristi (Perjamuan Kudus)
c.       Sakramen Tobat (disebut juga: sakramen pengakuan atau pengampunan dosa)
d.      Sakramen Krisma (Penguatan)
e.       Sakramen Perminyakan Suci (Sakramen pengurapan orang sakit)
f.       Sakramen Perkawinan/Pernikahan
g.      Sakramen Imamat

0 komentar:

Poskan Komentar