Dakwah bil qalam adalah dakwah yang dilakukan melalui keahlian menulis, baik itu menulis di surat kabar, majalah, buku, dan internet. Dakwah bil qalam lebih luas jangkauannya daripada dakwah bil lisan ataupun bil hal. Selain itu, pesan dakwah bil qalam berisi informasi yang dapat dibaca oleh ratusan, ribuan, dan jutaan orang dalam waktu yang hampir bersamaan.
Sebagaimana firman Allah, “Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al-Alaq [96]: 3-5).
Di zaman yang serba canggih sekarang ini, kegiatan berdakwah dapat disampaikan dengan berbagai cara. Banyak media yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas dakwah, salah satunya dengan media tulis, media tulis ini biasanya dalam bentuk buku cerita atau novel.
Penggunaan dakwah bil qolam merujuk pada firman Allah, al-Qur’an Surah al-Qolam [68]:1. “Nun, perhatikanlah al-Qalam dan apa yang dituliskannya.”
Oleh karena itu, dakwah bil qolam sebagai konsep dakwah melalui tulisan. Melalui tulisan di media massa, seorang muballigh, ulama, kyai, atau umat Islam pada umumnya yang sesuai dengan bidang keahlian atau keilmuan yang dikuasainya dapat melaksanakan dakwah bil qalam. Oleh karena itu, dakwah banyak cara untuk melakukannya salah satunya dengan menulis yang biasanya disajikan dalam bentuk cerpen atau novel.

Dunia tulis menulis memiliki peluang yang cukup ampuh sebagai salah satu alternatif media dakwah. Banyaknya sastrawan yang berbakat menghasilkan cerita-cerita yang menghasilkan ladang berdakwah, apalagi novel-novel atau cerita-cerita yang bernafaskan islami banyak digemari oleh kalangan remaja atau masyarakat dijadikan bahan bacaan. Dunia penulisan dapat diandalkan sebagai usaha dalam menyampaikan kebaikan dan mencegah kemungkaran terutama dalam memberikan motivasi.
DAFTAR PUSTAKA


A.    BUKU
Amin, Samsul Munir, Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam, Jakarta: Amzah, 2006.
Arbi, Armawati. Psikologi Komunikasi dan Tabligh, Jakarta: Amzah, 2012.
Aripudin, Acep. Pengembangan Metode Dakwah: Respon Da’i Terhadap Dinamika Kehidupan Beragama di Kaki Ciremai. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, Cet. 1, 2011.

Hasjimi, A. Dustur Dakwah Menurut al-Qur’an. Jakarta: Bulan Bintang, Cet. 3, 1994.
Ismail, A. Ilyas, dan Prio Hotman. Filsafat Dakwah: Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam. Jakarta: Prenada Media Group, Cet. 1, 2011.
Ismail, A Ilyas. Paradigma Dakwah Sayyid Quthub; Rekontruksi Dakwah Harakah. Jakarta: Penamadani, Cet. II, 2008.
Aziz, Moh. Ali, Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana Prenada Group, 2004.

Mubarok, Achmad.  Psikologi Dakwah. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1999.

Muhammad Abul Fath Al-Bayanuni, Al-Madkhal  ila ‘Ilm Al-Da’wah : Dirasah Manhajiyyah Syamilah li Tarikh Al-Da’wah wa Ushuliha wa Manahijiha wa Asalibiha wa Wasa’iliha wa Musykilatiha fi Dhaw’ al-Naql wa al-‘Aql, Beirut: Mu’assasah Al-Risalah, Cet. Ke-2, 1994.
Tata, Sukayat. Internalisasi Nilai Agama Melalui Kebijakan Publik: Dakwah Struktural Bandung Agamis. Bandung: CV. Rieksa Utama Jaya, Cet. 1, 2011.

B.     HASIL PENELITIAN, JURNAL, DAN MAKALAH

Ahmad, Amrullah, “Dakwah Islam sebagai Ilmu Sebuah Kajian Epistemologi dan Struktur Keilmuan Dakwah: Bagian Pertama”, Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, Vol. I, No. 1, Jakarta: Fakultas Dakwah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1999.
---------,“Dakwah Islam sebagai Ilmu Sebuah Kajian Epistemologi dan Struktur Keilmuan Dakwah: Bagian Pertama”, Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, Vol. I, No. 2, Jakarta: Fakultas Dakwah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1999.
Alawiyah AS, Tutty, “Paradigma Baru Dakwah Islam: Pemberdayaan Sosio-Kultural Mad’u”, Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, Vol. III, No. 2, Jakarta: Fakultas Dakwah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2001.
Nasichah, “Dakwah pada Masyarakat Modern; Problem Kehampaan Spiritual”, Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah, Komunikasi dan budaya, Vol. X, No. 2, Jakarta: Fakultas Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2003.
Salman, Islmah, “Strategi Dakwah di Era Milenium,” Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah, Komunikasi dan Budaya, Vol. VI No. I Jakarta: Fakultas Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2004.
Yusuf, M. Yunan, “Dakwah Bil Hal”, Dakwah Jurnal dan Kemasyarakatan, Vol. 3. No. 2. Jakarta: IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2001.
---------, “Kode Etik Dakwah,” Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, Vol. 4, No. 1, Jakarta: Fakultas Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2003.

Post a Comment

 
Top