UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH
PALEMBANG
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
Jln. Prof. KH. Zainal Abidin Fikry KM 3,5
Palembang
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)
Kode Mata
Kuliah : Psikologi Dakwah
Kode : FDK 3102
SKS : 2
Dosen
Pengampu :
Capaian Pembelajaran yang
dibebankan pada mata kuliah ini: Mahasiswa dapat memahami dan menguasai pengertian dan ruang lingkup
psikologi dakwah, kedudukan dan hubungan psikologi dakwah dengan ilmu yang
lain, faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku manusia dalam proses dakwah, citra
da’i meliputi tugas da’i, sistem komunikasi interpersonal, faktor-faktor yang
mempengaruhi persepsi pada da’i, kepemimpinan da’i dan peranannya dalam dakwah
meliputi kepemimpinan da’i, psikologi kepengikutan (followership), jenis-jenis
kepengikutan (followeship), psikologi mad’u meliputi memahami latar belakang
mad’u, perkembangan keagamaan pada anak, remaja, dewasa dan usia lanjut
maturasi keberagamaan pada mad’u, hubungan antara da’i dengan mad’u, mengenali
medan dakwah, psikologi dakwah melalui media massa, dakwah persuasif, psikologi
dakwah dan tingkah laku keagamaan yang menyimpang.
Minggu ke-
|
Kemampuan Akhir Yang
Diharapkan
|
Bahan Kajian
|
Bentuk Pembelajaran
|
Waktu
|
Kriteria dan Indikator
Penilaian
|
Referensi
|
Bobot Nilai
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
1.
|
Memahami materi perkuliahan secara Umum
|
Pengantar Perkuliahan dan Kontrak Kuliah
|
Diskusi
|
100 menit
|
Kesidiplinan/
Ketepatan Waktu
|
RPS(Rencana Pembelajaran Semester)
|
Sesuai Simak Akademik
|
2.
|
Mahasiswa
mampu menguasai
pengertian dan
ruang lingkup psikologi dakwah
|
Pengertian dan ruang lingkup psikologi dakwah
|
Ceramah diskusi interaktif
|
100 menit
|
Kemampuan mahasiswa menjelaskan pengertian dan
ruang lingkup psikologi dakwah
|
Arifin.
Psikologi Dakwah, Jakarta: Bumi Aksara, 1997.
|
Sesuai Simak Akademik
|
3.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
kedudukan dan hubungan psikologi dakwah dengan ilmu yang lain
|
Kedudukan dan hubungan psikologi dakwah dengan ilmu yang lain
|
Ceramah diskusi interaktif
|
100 menit
|
Tingkat kedalaman pemahaman
materi
|
Mubarok,
Achmad, Psikologi Dakwah, Jakarta: Firdaus, 2002.
|
Sesuai Simak Akademik
|
4.
|
Mampu menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku manusia dalam proses dakwah
|
Faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku manusia dalam proses dakwah
|
Diskusi
|
100 menit
|
Tingkat pemahaman mahasiswa
|
Arifin.
Psikologi Dakwah, Jakarta: Bumi Aksara, 1997.
|
Sesuai Simak Akademik
|
5.
|
Mampu menjelaskan
citra da’i meliputi tugas da’i, sistem komunikasi interpersonal,
faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pada da’i,
|
Citra da’i meliputi tugas da’i, sistem komunikasi interpersonal,
faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pada da’i,
|
Ceramah dan diskusi
|
100 menit
|
Kreativitas dan ketepatan Analisis
|
Mubarok,
Achmad, Psikologi Dakwah, Jakarta: Firdaus, 2002.
|
Sesuai Simak Akademik
|
6.
|
Mampu memamahi
kepemimpinan da’i dan peranannya dalam dakwah meliputi kepemimpinan
da’i, psikologi kepengikutan (followership),
jenis-jenis kepengikutan (followeship)
|
kepemimpinan da’i dan peranannya dalam dakwah meliputi kepemimpinan
da’i, psikologi kepengikutan (followership),
jenis-jenis kepengikutan (followeship)
|
Diskusi dan Presentasi Kelompok
|
100 menit
|
Ketepatan Analisis
|
Arifin.
Psikologi Dakwah, Jakarta: Bumi Aksara, 1997.
|
Sesuai Simak Akademik
|
7.
Ujian Tengah Semester (Tes Tertulis)
|
Sesuai Simak Akademik
|
||||||
8.
|
Mampu
menjelaskan
psikologi mad’u meliputi memahami latar belakang mad’u, perkembangan
keagamaan pada anak, remaja, dewasa dan usia lanjut maturasi keberagamaan
pada mad’u
|
Psikologi mad’u meliputi memahami latar belakang mad’u, perkembangan
keagamaan pada anak, remaja, dewasa dan usia lanjut maturasi keberagamaan
pada mad’u
|
Diskusi Kelompok
|
100 menit
|
Keaktifan Kuliah dan Tugas Mandiri
|
Mubarok,
Achmad, Psikologi Dakwah, Jakarta: Firdaus, 2002.
|
Sesuai Simak Akademik
|
9.
|
Mampu
menjelaskan
hubungan antara da’i dengan mad’u
|
Hubungan antara da’i dengan mad’u
|
Diskusi Kelompok
|
100 menit
|
Keaktifan Kuliah dan Tugas Mandiri
|
Mubarok,
Achmad, Psikologi Dakwah, Jakarta: Firdaus, 2002.
|
Sesuai Simak Akademik
|
10.
|
Mampu menjelaskan
dan mengenali medan dakwah
|
Mengenali medan dakwah
|
Interactive Learning
|
100 menit
|
Tugas Mandiri
|
Faqih.,
A. R Wijayanto, Dasar-Dasar Retorika Dakwah. Yogyakarta.
|
Sesuai Simak Akademik
|
11.
|
Mampu menjelaskan
psikologi dakwah melalui media massa
|
Psikologi dakwah melalui media massa
|
Diskusi
|
100 menit
|
Ketepatan Analisis
|
Mubarok,
Achmad, Psikologi Dakwah, Jakarta: Firdaus, 2002.
|
Sesuai Simak Akademik
|
12.
|
Mampu menjelaskan
dakwah persuasif
|
dakwah persuasif
|
Diskusi
|
100 menit
|
Tugas Mandiri dan Kemampuan Bekerja sama
|
Arifin.
Psikologi Dakwah, Jakarta: Bumi Aksara, 1997
|
Sesuai Simak Akademik
|
13.
|
Mampu
menjelaskan
Psikologi dakwah dan tingkah laku keagamaan yang menyimpang
|
Psikologi dakwah dan tingkah laku keagamaan yang menyimpang
|
Ceramah dan Diskusi
|
100 menit
|
Ketepatan Analisis
|
Mubarok,
Achmad, Psikologi Dakwah, Jakarta: Firdaus, 2002.
|
Sesuai Simak Akademik
|
14. Ujian Akhir Semester (Portofolio)
|
Sesuai Simak Akademik
|
Daftar Referensi:
Arifin, Psikologi Dakwah, Jakarta: Bumi Aksara,
1997.
Bayanuni,
Muhammad Abu al-Fath, al-Madkhal ila ‘ilm
al-Da’wah. Beirut: Muassasah al-Risalah, 1993.
Djamaluddin,
Burhan. “Dakwah Agama dan Dakwah Politik dalam Islam” Jurnal Akademika (Vol.
15. No. 1, 2004).
Effendi
Lalu Muchsin, dan Faizah, Psikologi
Dakwah, Jakarta: Prenadamedia Group, 2006.
Hamka,
Tafsir al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas, 1983.
Masy’ari,
Anwar. Study tentang Ilmu Dakwah.
Surabaya: Bina Ilmu, 1981.
Mubarok, Achmad,
Psikologi Dakwah, Jakarta: Firdaus,
2002.
Muhiddin,
Asep. Dakwah dalam Perspektif al-Qur’an.
Bandung: Pustaka Setia, 2002.
Yatim
Badri, Sejarah Peradaban Islam: Dirasah Islamiyah II, Jakarta: Rajawali Press,
1993.
Disusun oleh
|
Diperiksa oleh:
|
Disahkan oleh:
|
|
Dosen Pengampuh
|
Penanggungjawab Keilmuan
|
Ketua Program Studi
|
Dekan
|
Post a Comment