Sumber Gambar: http://tinoberita.blogspot.co.id/2015/05/hikmah-manfaat-tujuan-puasa-ramadhan.html

Nabi menganjurkan umatnya yang berpuasa untuk menyegerakan berbuka puasa. Anjuran untuk menyegerakan berpuasa ini adalah sebagai bentuk kemudahan kepada umat Islam yang menjalankan ibadah puasa. Beliau tidak menyukai umat Islam yang berpuasa memperlambat berpuka puasanya. Karena itu, akan menyulitkan sendiri bagi orang-orang yang berpuasa.
Sebagaimana yang terdapat dalam penjelasan Nabi, “Manusia itu selama ia menyegerakan untuk berbuka selalu berada dalam kebaikan.” (HR. Muslim dan Bukhari).
Selain keutamaan menyegerakan berbuka puasa, nabi juga menganjurkan untuk memakan kurma dan minum air putih pada saat berbuka puasa. Seperti yang diriwayatkan Anas pembantu Nabi SAW, di antara sunah berbuka puasa yang dianjurkan adalah, “Nabi berbuka dengan kurma basah sebelum shalat, kalau tidak ada kurma basah dengan kurma kering, dan kalau kedua-duanya tidak ada, maka beliau minum beberapa teguk air. (HR. Ahmad, Abud Daud, dan Tirmidzi).
Anas juga menjelaskan bahwa ia tidak pernah melihat Rasulullah SAW, shalat maghrib kecuali apabila beliau telah berbuka, walaupun hanya seteguk air.
Ketika berbuka puasa, semestinya tidak berlebihan karena akan berdampak kepada kesehatan. Berbukalah seperti yang sudah dicontohkan nabi agar kita memperoleh kesehatan jasmani maupun ruhani.


Post a Comment

 
Top