A.  PENDAHULUAN
Tantangan dakwah pada era globalisasi menuntut adanya sosok da’i profesional, memahami Islam secara komprehensif, terampil dalam menyampaikan pesan dakwah, dan memiliki kemampuan manajemen yang kuat, dalam melakukan kegiatan dakwah. Persoalan lain yang mesti diperhatikan dalam konteks dakwah di Indonesia ialah situasi kultural dan kemajemukan masyarakat. Keadaan demikian menuntut keterbukaan dan memperkenalkan Islam yang nonsectarian dan lebih dialogis dari para dai.
Oleh karenanya, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang berencana menyelenggarakan jurusan baru di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang, yaitu Jurusan Manajemen Dakwah Konsentrasi Haji dan Umrah.
Jurusan Manajemen Dakwah Konsentrasi Haji dan Umrah ini memiliki tanggung jawab menghasilkan lulusan atau sarjana yang mampu terserap oleh dunia kerja. Lebih dari itu, sarjana yang lulus dari prodi ini diharapkan memiliki integritas keislaman dan kompetensi di bidang manajemen dakwah. Terutama dalam bidang haji dan umrah, mampu berkarya, dan memberikan peran positif bagi masyarakat luas.

B.  VISI
1.    Visi Jurusan Manajemen Dakwah Konsentrasi Haji dan Umrah
Menghasilkan tenaga ahli yang unggul dalam pengkajian dan pengembangan manajemen dakwah,  haji, dan umrah.

C.MISI
1. Misi Jurusan Manajemen Dakwah Konsentrasi Haji dan Umrah
Adapun misi yang akan dikembangkan pada jurusan Manajemen Dakwah Konsentrasi Haji dan Umrah adalah sebagai berikut:
a.       Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran dalam bidang manajemen dakwah.
b.      Meningkatkan kajian dan penelitian dalam bidang manajemen dakwah. Terutama dalam bidang haji dan umrah.
c.       Meningkatkan peran serta jurusan dalam bidang manajemen dakwah di masyarakat.
d.      Mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang manajemen dakwah.


BAB II
STUDI KELAYAKAN PEMBUKAAN PROGRAM MANAJEMEN DAKWAH KONSENTRASI HAJI UMROH DAN

A.  Kondisi Obyektif Prodi yang sudah Dilaksanakan
1. Deskripsi objektif program studi yang sudah dilaksanakan
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang, awalnya bernama Fakultas Dakwah. Keberadaan Fakultas dakwah sendiri tidak terlepas dari Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Fatah Palembang, dimana sejak tahun 1976 Fakultas Ushuluddin telah mengembangkan jurusan yang sebelumnya hanya ada satu jurusan saja, yaitu jurusan Perbandingan Agama, ditambah satu jurusan yaitu Dakwah.[1]
Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka diperlukan adanya pengembangan fakultas di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang untuk menambah berbagai disiplin ilmu sebagai pelengkap keilmuan yang berhubungan dengan agama Islam, sehubungan dengan hal tersebut menjelang tahun akademik 1995/1996 Fakultas Ushuluddin Jurusan Dakwah membentuk program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI).[2]
            Sedangkan pada saat ini, setelah IAIN bertransformasi menjadi UIN Raden Fatah Palembang. Prodi-prodi yang ada di Fakultas Dakwah dan Komunikasi adalah sebagai berikut: Pertama, Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dengan gelar S. Kom. I; Kedua, Bimbingan Konseling Islam (BKI) dengan gelar S. Kom. I; Ketiga, Jurnalistik (TIK) dengan gelar S. Sos. (Sarjana Sosial); Keempat, Sistem Informasi (SI) dengan gelar S. SI (Sarjana Sistem Informasi).
            Kemudian sebagai upaya pengembangan prodi-prodi yang ada di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang. Pihak Fakultas berencana membuka prodi baru. Pertama, jurusan Manajemen Dakwah Konsentrasi Haji dan Umrah; Kedua, jurusan Pengembangan Masyarakat Islam. Penyelenggaraan jurusan Manajemen Dakwah Konsentrasi Haji dan Umrah, serta Pengembangan Masyarakat Islam, sebagai upaya menyiapkan ilmuwan dakwah yang bermoral tinggi serta memiliki keterampilan sebagai manajer dalam pengelolaan lembaga-lembaga dakwah dan masyarakat. Selain itu, juga memiliki kemampuan mengatasi konflik-konflik sosial dan keagamaan yang terjadi di masyarakat.

2.    Kerja Sama
Guna mengembangkan dan meningkatkan jurusan Majemen Dakwah Konsentrasi Haji dan Umrah, Tentunya, diperlukan untuk melakukan kerjasama dengan pihak-pihak yang dapat meningkatkan kualitas jurusan. Kerja Sama yang dilakukan dalam rangka mengembangkan Jurusan Manajemen Dakwah Konsentrasi Haji dan Umrah. Pihak-pihak yang akan diajak kerjasama di antaranya:
a.       Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI dalam Pembukaan Konsentrasi Manajemen Haji dan Umrah serta Sertifikasi Pembimbing Haji dan Umrah.
b.      UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dalam pengembangan kurikulum, pertukaran mahasiswa dan penelitian.
c.       Kemenag Sumsel dalam Pengembangan Praktikum dan Kuliah Lapangan.
d.      Badan Amil Zakat Sumsel, Rumah Tahfidz, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, dan lembaga-lembaga lain dalam pengembangan studi dan praktikum.
e.       Bank Muammalat Cabang Sumsel, BMT, dalam pengembangan studi dan praktikum.
f.       Badan Diklat Sumsel, dalam praktikum dan pengembangan studi manajemen SDM.
g.      FORPES (Forum Perantren Sumsel), Ponpes Ar-Riyadh, Al-Ittifaqiah, Raudhatul Ulum, dalam pengembangan studi dan praktikum.
h.      Media Lokal Sumsel, Tribun Sumsel, Sripo, Sumatera Ekspres, dalam pengembangan minat menulis.

B.  Need Assessment
Saat ini, paket-paket wisata religi berkembang cukup pesat. Paket-paket perjalanan haji dan umrah juga banyak bermunculan. Tentu fenomena ini, perlu mendapat respon positif oleh para da’i yang berkecimpung dalam dunia dakwah. Sebab upaya dakwah mengajak manusia ke jalan Allah, perlu dikelola secara professional berlandaskan teori-teori yang aplikatif. Guna merespon fenomena ini, UIN Raden Fatah Palembang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, bermaksud membuka jurusan manajemen dakwah konsentrasi haji dan umrah, agar dapat melahirkan da’i-da’i yang memiliki kemampuan dalam bidang manajemen dakwah.


BAB III
PROYEKSI PROGRAM STUDI MANAJEMEN DAKWAH KONSENTRASI HAJI UMRAH

A.  Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia (SDM) terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan guna mendukung proses pendidikan sebagai berikut:

1. Nama-Nama Dosen Program Studi Manajemen Dakwah Konsentrasi Haji dan Umroh





No



Nama Dosen



Tgl. Lahir


Pendidikan S1, S2, dan S3 Asal Universitas

Bidang Keahliah Setiapn Jenjang Pendidikan

1.





2.





3.





4.





5.





6.






2. Tenaga Kependidikan Program Studi Manajemen Dakwah Konsentrasi Haji dan Umrah


No.

Nama Tenaga Kependidikan

Tgl. Lahir

Pendidikan

Bidang Keahlian






Tenaga Administrasi






Tenaga Perpustakaan







Tenaga Laboratorium






Tenaga Taknis



Kualifikasi minimal tenaga kependidikan adalah Sarjana (S.1) sesuai bidangnya.

(Data mengenai nama dosen, kualifikasi, dan kompetensi disusun dalam format table. Sedangkan keterangan mengenai komponen dosen dan tenaga kependidikan yang meliputi: 1) ijazah terakhir; 2) SK pengangkatan sebagai dosen/ tenaga kependidikan; 3) Surat keterangan kesediaan mengajar pada program studi yang diajukan; 4) biodata, dilampirkan.



BAB IV
KURIKULUM PROGRAM STUDI MANAJEMEN DAKWAH KONSENTRASI HAJI UMRAH

A.Struktur Kurikulum (Body of Curriculum)
Struktur Kurikulum terdiri dari MPK (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian), MKK (Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan), MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya), MPB (Mata Kuliah Perilaku Berkarya), dan MBB (Mata Kuliah Berkehidupan Bersama). Pengelompokan mata kuliah berdasarkan unsur kompetensi, meliputi: mata kuliah kompetensi utama, pendukung, dan lainnya.
Kelompok MPK adalah kelompok bahan kajian dan mata kuliah untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, dan memiliki jiwa kebangsaan Indonesia. Kelompok MKK (Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan) adalah kelompok bahan kajian dan mata kuliah yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan ketrampilan tertentu.  Kelompok MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekayaan berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai.
Sedangkan Kelompok MPB (Mata Kuliah Perilaku Berkarya) adalah kelompok bahan kajian dan mata kuliah yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan ketrampilan yang dikuasai. Kelompok MBB adalah kelompok bahan kajian dan mata kuliah yang diperlukan seseorang untuk memahami makna kehidupan dalam bermasyarakat.

  1. Struktur Kurikulum Program Studi Manajemen Dakwah Konsenstrasi Haji dan Umrah
Semester I
No.
Kode MK
Mata Kuliah
SKS
1.
MPK
Bahasa Arab I
2
2.
MPK
Bahasa Inggris I
2
3.
MPK
Bahasa Indonesia I
2
4.
MPK
Tafsir al-Qur’an Dakwah
2
5.
MPK
Tafsir Hadits Dakwah
2
6.
MPK
Fiqh Dakwah
2
7.
MKK
Sejarah Dakwah
2
8.
MPK
Ilmu Kalam
2
9.
MPK
Pengantar Studi Islam
2
10.
MKK
Filsafat Umum
2


Jumlah
20

Semester II
No.
Kode MK
Mata Kuliah
SKS
1.
MPK
Pancasila dan Kewarganegaraan
2
2.
MKK
Filsafat Islam
2
3.
MKK
Pengantar Ilmu Manajemen
2
4.
MPK
Pengantar Ilmu Tasawuf
2
5.
MKK
Pengantar Manajemen Dakwah
2
6.
MKB
Public Relation
2
7.
MKK
Pengantar Metodologi Penelitian
2
8.
MKK
Manajemen Sumber Daya Dakwah
2
9.
MKB
Retorika Dakwah
2
10.
MBB
Dakwah Multikultural
2


Jumlah
20

Semester III
No.
Kode MK
Mata Kuliah
SKS
1.
MPK
Ekonomi Bisnis Islam
2
2.
MKB
Manajemen Organisasi Islam
2
3.
MKB
Manajemen Pemasaran Perbankan
2
4.
MPK
Filantropi Islam
2
5.
MPK
Entrerpreneurship
2
6.
MKK
Ilmu Dakwah
2
7.
MKK
Dakwah dan Pengembangan Masyarakat
2
8.
MKB
Jurnalistik
2
9.
MKK
Sosiologi Dakwah
2
10.
MKK
Antropologi Dakwah
2


Jumlah
20



Semester IV
No.
Kode MK
Mata Kuliah
SKS
1.
MBB
Islam dan Budaya Lokal
2
2.
MKB
Praktek Manajemen Dakwah
2
3.
MKK
Pengantar Psikologi Dakwah
2
4.
MKK
Pengantar Komunikasi Dakwah
2
5.
MKK
Manajemen Pesantren
2
6.
MKK
Metodologi Penelitian Dakwah
2
7.
MKB
Retorika Dakwah
2
8.
MKB
Kewirausahaan
2
9.
MKK
Kepemimpinan Dakwah
2
10.
MPK
Bahasa Arab II
2
11.
MPK
Bahasa Inggris II
2


Jumlah
22

Semester V   
No.
Kode MK
Mata Kuliah
SKS
1.
MKK
Manajemen Organisasi Islam
2
2.
MKB
Manajemen Pelatihan Dakwah
2
3.
MKK
Organisiasi Islam Internasional
2
4.
MKB
Manajemen Haji, Umrah dan Ziarah
2
5.
MKB
Manajemen Kemasjidan
2
6.
MKB
Manajemen Bank Islam
2
7.
MKB
Manajemen Organisasi Nirlaba
2
8.
MKK
Fikih Haji dan Umrah
2
9.
MKK
Sejarah Penyelenggaraan Haji dan Umrah
2
10.
MKB
Manajemen Transfortasi dan Akomodasi Haji
2


Jumlah
20

Semester VI
No.
Kode MK
Mata Kuliah
SKS
1.
MPB
Manajemen Pers Dakwah
2
2.
MPB
Manajemen Penyiaran/Tabligh
2
3.
MKB
Manajemen Pengembangan Masyarakat Islam
2
4.
MKK
Sistem Dakwah
2
5.
MKK
Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi Dakwah
2
6.
MKK
Sistem Informasi Dakwah
2
7.
MPK
Studi Naskah Dakwah (Bahasa Arab)
2
8.
MPK
Teks Reading Dakwah (Bahasa Inggris)
2


Jumlah
16

Semester VII
No.
Kode MK
Mata Kuliah
SKS
1.
MKB
Manajemen ZIS
3
2.
MKK
Statistik Sosial
2
3.
MPB
Manajemen Pondok Pesantren
3
4.
MPB
Manajemen Rumah Sakit Islam
3
5.
MPB
Manajemen Masjid dan Islamic Center
3
6.
MKB
Kepemimpinan dalam Manajemen Dakwah
2
7.
MKB
Manajemen Wisata Ziarah
3
8.
MKB
Strategi Fundraising Zakat dan Wakaf
2


Jumlah
21

Semester VIII
No.
Kode MK
Mata Kuliah
SKS
1.
MBB
KKN
4
2.
MKB
Skripsi
6


Jumlah
10

Total Beban Studi: 149


Pengembangan kurikulum pada dasarnya merupakan kaidah-kaidah atau hukum yang akan menjiwai suatu kurikulum. Dalam pengembangan kurikulum, dapat menggunakan prinsip-prinsip yang telah berkembang dalam kehidupan sehari-hari atau justru menciptakan sendiri prinsip-prinsip baru. Oleh karena itu, dalam implementasi kurikulum di suatu lembaga pendidikan sangat mungkin terjadi penggunaan prinsip-prinsip yang berbeda dengan kurikulum yang digunakan di lembaga pendidikan.

B.  Rumusan Kompetensi Lulusan yang Jelas
1.    Rumusan Kompetensi Lulusan Manajemen Dakwah Konsentrasi Haji dan Umrah
Jurusan Manajemen Dakwah membekali mahasiswa untuk mendapatkan kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan, yaitu:
a.     Manajemen Lembaga Keuangan Islam
b.    Manajemen SDM
c.     Manajemen Haji, Umrah dan Wisata Keagamaan
d.    Manajemen Organisasi Islam/Lembaga Dakwah
e.     Manajemen Training dan Pembinaan Keagamaan, serta
f.  Kewirausahaan (Entrepreneurship).

C.  Distribusi Mata Kuliah
Kualitas kompetensi yang tinggi perlu mempertimbangkan keselarasan dengan metode, strategi, dan teknik pembelajaran. Untuk mencapainya perlu menekankan proses pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa (student centered), dengan belajar aktif (active learning), dan kolaboratif (collaborative learning). Setiap mata kuliah diupayakan menyentuh aspek kognitif, afektif, normatif, dan psikomotorik (tingkah laku).
Dosen dalam mengajar harus mampu berlaku sebagai fasilitator yang mengarahkan mahasiswa untuk mengakses sumber-sumber belajar yang diperlukan baik berupa narasumber, perpustakaan, internet, jurnal ilmiah, dan masyarakat umum.
Sejak awal semester dosen dapat menunjukkan Outline mata kuliah kepada mahasiswa sebagai bukti kesiapannya. Outline satuan mata kuliah untuk satu semester mencakup.
  1. Deskripsi tentang dosen mata kuliah yang bersangkutan meliputi alamat, tugas, jam konsultasi dan bagaimana cara berkonsultasi.
  2. Deskripsi umum tentang karakter mata kuliah mencakup nomor kode mata kuliah, status mata kuliah, ruang kuliah, jam kuliah, jam sks, dan mata kuliah wajib/pilihan.
  3. Deskripsi tentang arti penting mata kuliah.
  4. Materi pembelajaran dapat berupa narasi, gambar.
  5. Referensi
  6. Alokasi Waktu
  7. Strategi pembelajaran yang dipakai
  8. Evaluasi Mata Kuliah
Penilaian merupakan proses untuk menentukan pencapaian kompetensi mahasiswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Penilaian dilakukan secara terpadu untuk mengungkapkan seluruh aspek kemampuan mahasiswa baik aspek kognitif, afektif, normatif, dan psiko motorik.



D.  Kelengkapan Silabus
Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian. Silabus yang dikembangkan di Jurusan Manajemen Dakwah Konsentrasi Haji dan Umroh mengandung unsur-unsur sebagai berikut:
  1. Standar Kompetensi
Standar Kompetensi merupakan integrasi pengetahuan, ketrampilan, sikap, nilai dan tingkat penguasaan yang diharapkan dicapai mahasiswa dalam mempelajari suatu mata kuliah. Standar kompetensi ini berfungsi untuk mengarahkan dosen dan mahasiswa mengenai target yang akan dicapai.
  1. Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar merupakan pernyataan tentang pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan nilai-nilai yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak setelah mahasiswa menyelesaikan satu aspek dari standar kompetensi. Kompetensi dasar merupakan rincian dari standar kompetensi sehingga setiap standar kompetensi memiliki beberapa dasar.
  1. Alokasi Waktu
  2. Sumber Belajar
Sumber belajar merupakan segala hal yang berfungsi sebagai acuan dalam proses pembelajaran mahasiswa baik berupa orang, bahan cetak, elektronik, tempat maupun peristiwa.
  1. Penilaian
Penilaian dapat dilakukan dengan pengumpulan hasil-hasil karya mahasiswa, sikap mahasiswa, penampilan, dan tes baik lisan maupun tulisan.
  1. Integrasi Interkoneksi
Integrasi interkoneksi, merupakan paradigma keilmuan UIN yang perlu diimplementasikan dalam kurikulum, silabus, dan proses pembelajaran.

BAB V
SARANA DAN PRASANARA

A.  Sarana Akademik Jurusan Manajemen Dakwah Konsentrasi Haji dan Umrah

No

Nama Sarana Akademik Umum

Jumlah

Keterangan

1.

Ruang Perkuliahan



2.

Perpustakaan



3.

Ruang Administrasi



4.

Ruang Dosen



5.

Laboratorium



6.

Tempat Ibadah, Olah Raga, dll.



B.  Proyeksi Pendanaan
Rencana anggaran dan pendapatan prodi (RAB-PT) berasal dari biaya pendaftaran Rp. 250.000,- dan biaya perkuliahan Rp. 600.000,-/semester


BAB VI
PROYEKSI POTENSI DAN PELUANG KERJA

A.  Peluang Kerja Jurusan Manajemen Dakwah Konsentrasi Haji dan Umrah
Jurusan Manajemen Dakwah Konsentrasi Haji dan Umrah dapat berkarya sebagai:
  1. Owner dan pengelola Lembaga Keuangan Islam (Bank Syari’ah, Koperasi Syariah, dan BMT)
  2. Manajer Human Resources Development (HRD) dan Analis Kepegawaian
  3. Pengelola Biro Haji, Umrah, dan Wisata Keagamaan
  4. Pengelola Profesional Organisasi Islam/Lembaga Dakwah
  5. Manajer Training dan Trainer Keagamaan
  6. Entrepreneur
  7. Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).





[1]J. Suyuthi Pulungan dkk, Buku Pedoman Akademik Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah Palembang, (Palembang: IAIN Raden Fatah Press, 2001), h. 193.
[2]Kusnadi, dkk, Buku Panduan Akademik Fakultas Dakwah dan Komunikasi Tahun 2013-2016, (Palembang: UIN Raden Fatah Palembang Press, 2013), h. 1.

Post a Comment

 
Top