UNIVERSITAS ISLAM NEGERI  RADEN FATAH  PALEMBANG
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
JURUSAN KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM

Nama Mata Kuliah       : Manajemen Pers Dakwah   
Kode Mt. Kuliah          : KPI 403
Jumlah SKS                 : 2 SKS
Semester                      : genap
Program Studi              : Komunikasi Penyiaran Islam
Dosen                          : Muslimin, M. Kom. I.

A.  Deskripsi Mata Kuliah

Kegiatan Jurnalistik biasanya dilakukan dilakukan oleh lembaga  Kemasyarakatan yang secara khusus disebut pers. Dengan kegiatan jurnalistik tersebut, pers dapat mencapai tujuan, termasasuk tujuan dakwah. Dalam proses kerjanya tentunya memiliki bentuk dan tatanan yang khas demi tercapainya tujuan dakwah.

B.     Kompetensi Standar
1.      Mahasiswa memahami dengan baik mengenai teori-teori yang berkenaan dengan manajemen pers dakwah.
2.      Mahasiswa memiliki kemampuan mengaplikasikan ilmu manajemen pers dakwah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
3.      Mahasiswa memiliki kemampuan mengembangkan pemikiran, gagaan, dan keilmuan yang berkenaan dengan manajemen pers dakwah.

C.  Topik-topik Perkuliahan

1.   Orientasi Perkuliahan
Pengantar Umum Perkuliahan; penjelasan tentang sistem perkuliahan, kredit smester, penulisan makalah, serta sistem evaluasi.

2.      Pengertian, prinsip, dan manfaat mempelajari manajemen pers dakwah.
a.       Penegertian Manajemen Pers Dakwah
b.      Prinsip Manajemen Pers Dakwah
c.       Manfaat Mempelajari Pers Dakwah

3.      Bentuk-Bentuk Pers Dakwah
a.       Pers yang Melakukan Dakwah
b.      Lembaga Dakwah yang Melakukan Kerja Jurnalistik
c.       Bentuk Usaha Manajemen Pers Dakwah

4.      Perencanaan Manajemen Pers Dakwah
a.       Pengertian Perencanaan Manajemen Pers Dakwah
b.      Pembuatan Rencana Manajemen Pers Dakwah

5.      Pengorganisasian Pers Dakwah
a.       Pengertian Organisasi dan Pengorganisasian
b.      Pengadaan SDM dan Fasilitasnya
c.       Penyaringan Tenaga Kerja
6.      Mahasiswa diberi tugas berkenaan dengan materi yang telah dibahas pada tengah semester pertama. Tugas berupa pembuatan rangkuman terhadap makalah yang telah didiskusikan.

7.      Mid Semester

8.      Pelatihan dan Pembagian Tugas Manajemen Pers Dakwah
a.       Pelatihan dan Pembagian Tugas
b.      Kompensasi Pekerjaan
c.       Desain Pekerjaan

9.      Penggerakan Pers Dakwah
a.       Pembinaan Sumber Daya Manusia
b.      Kepemimpinan
c.       Pengelolaan Fasilitas SDM

  1. Metode Kerja SDM Manajemen Pers Dakwah
a.       Metode Kerja SDM
b.      Memasarkan Produk
c.       Persuasi
d.      Human Relation

  1. Jurnalistik untuk Tujuan Dakwah
a.       Pengertian Jurnalistik
b.      Tujuan Umum
c.       Tujuan Khusus
d.      Bentuk dan Jenis Produk

  1. Pengawasan dalam Manajemen Pers Dakwah
a.         Standarisasi
b.         Metode Pengawasan

13. Mahasiswa diberi tugas berkenaan dengan materi yang telah dibahas pada tengah semester pertama. Tugas berupa pembuatan rangkuman terhadap makalah yang telah didiskusikan.

14. Ujian Akhir Semester

D.  Evaluasi
1.      Penulisan Makalah Sajian, dengan ketentuan.
a.       Memilih salah satu topik perkuliahan.
b.      Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c.       Kertas  ukuran A4.
d.      Minimal 5 halaman, di luar Kata Pengantar dan Daftar Pustaka
e.       Memenuhi syarat penulisan ilmiah. 

2.      Penulisan Makalah Akhir, dengan ketentuan
a. Memperbaiki makalah yang sudah disajikan.
b.Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c. Kertas  ukuran A4.
d. Memenuhi syarat penulisan ilmiah.

3.      Unsur-unsur penilian:
a.       Kehadiran                                      20%
b.      Keaktifan                                       20%
c.       Ujian Tengah Semester                  20%
d.      Ujian Akhir Semester                     20%
e.       Makalah                                         20%
______________________________
Total............................................100%


DAFTAR PUSTAKA

Abraham, Kathleen S. Communication Everyday Use. San Fransisco: Rinehart Press, 1977.

Agee, Warren K, Phillip H. Ault and Edwin Emery. Introduction to Mass Communication, New York: Harper and Row Publisher, 1977.

Berlo, David. K. The Process of Communication: An Introduction to Theory and Practice. New York: Holt, Rinehart and Winston, 1960.

Bonar, S. K. Hubungan Masyarakat Modern, Jakarta: PT Pembangunan, 1966.

Book, Cassandra L. Human Communication: Principles, Contexs and Skills. New York: St. Martin’s Press, 1980.

Byrnees, Francis. C. Communication (Reading Material). The International Rice Research Institute. Los Banos- Philippines, 1965.

Cangara, Hafied. Ilmu Komunikasi dalam Lintasan Sejarah dan Filsafat. Surabaya: Karya Anda, 1996.

-----------, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2014.

Effendy, Onong Uchjana. Hubungan Masyarakat, Suatu Studi Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992.

Ruslan, Rosady, Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2014.

Suhandar Kustadi, Manajemen Pers Dakwah dari Perencanaan hingga Pengawasan, Bandung: Marja, 2007.



Post a Comment

 
Top