UNIVERSITAS ISLAM
NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG
FAKULTAS DAKWAH DAN
KOMUNIKASI
JURUSAN KOMUNIKASI
PENYIARAN ISLAM
Nama Mata Kuliah : Managemen Public
Relation
Kode Mt. Kuliah : KPI 603
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : 6 (genap)
Program Studi : Komunikasi Penyiaran Islam
Dosen : Muslimin, M. Kom. I.
A.Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini adalah istilah yang terdiri dari
kata, yaitu manajemen yang berarti, memimpin, menangani, mengatur, atau
membimbing. George R. Terry mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses yang
khas dan terdiri dari tindakan-tindakan seperti perencanaan, pengorganisasian,
pengaktifan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai
sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan
sumber-sumber lainnya. Sedangkan term
public relation menurut the British Institute of Public Relation
bermakna, “public relation activity is management of communications between
an organization and its publics.”
Public relations merupakan mediator yang berada
antara pimpinan organisasi dengan publiknya, baik dalam upaya membina hubungan
masyarakat internal maupun eksternal. Sebagai publik, mereka berhak mengetahui
rencana kebijaksanaan, aktivitas, program kerja dan rencana-rencana usaha suatu
organisasi/perusahaan berdasarkan keadaan, harapan-harapan, dan sesuai dengan
keinginan public sasarannya.
B.
Kompetensi Standar
1.
Mahasiswa memahami dengan baik mengenai teori-teori yang berkenaan dengan
manajemen public relations.
2.
Mahasiswa memiliki kemampuan mengaplikasikan ilmu manajemen public
relations dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
3.
Mahasiswa memiliki kemampuan mengembangkan pemikiran, gagaan, dan
keilmuan yang berkenaan dengan manajemen public relations.
C.Topik-topik Perkuliahan
1. Orientasi Perkuliahan
Pengantar Umum
Perkuliahan; penjelasan tentang sistem perkuliahan, kredit smester, penulisan
makalah, serta sistem evaluasi.
2. Pengertian, ruang lingkup, dan manfaat mempelajari
manajemen public relations.
Manajemen publik relation merupakan penelitian, perencanaan,
pelaksanaan dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi, mulai dari pertemuan
kelompok kecil hingga berkaitan dengan
konferensi pers international via satelit, dari pembuatan brosur hingga
kampanye nasional melalui multi media, dari menyelenggarakan acara open
house hingga kampanye politik, dari pengumuman pelayanan publik hingga menangani kasus manajemen krisis.
3.
Sejarah Manajemen Public Relation dan Fungsi
Manajemen Publik Relation.
Menurut sejarah pada
awalnya kemunculan istilah manajemen publik relation berkenaan dengan suatu
metode publik relation saat menghadapi suatu puncak krisis pada tahun 1906.
Saat itu, terjadi pemogokan total buruh di industri pertambangan batu bara di
Amerika Serikat. Sebagai akibatnya adalah terjadi kelumpuhan
total industri batu bara terbesar di
Negara tersebut. Berilah analisa tentang hal ini.
4.
Opini Publik: Faktor Penilaian Sikap (Attitude),
Faktor Konsensus, dan Pencapaian Citra Positif
Untuk memahami opini
seseorang atau publik tersebut, maka seorang PRO (Pejabat Humas) harus
mengevaluasi secara berkala tentang opini yang sedang beredar dalam
segmen-segmen publiknya. Sedangkan faktor-faktor yang dapat membentuk opini
publik. Di antaranya: perasaan, tingkah laku, dan pengertian nalar. Berilah
penjelasan tentang hal ini.
5.
Manajemen Komunikasi dan Organisasi
Bila dikaitkan dengan
kegiatan publik relation, maka sarana komunikasi sangat penting dalam
penyampaian pesan-pesan (message) demi tercapainya tujuan, dan
pengertian bersama dengan publik, khalayak sasarannya. Akhirnya dan yang
terpenting dari semua, seorang pajabat humas haruslah seseorang yang ahli dalam
aspek komunikasi. Berilah analisa tentang hal ini.
6.
Kedudukan dan Strategi Publik Relation
Kedudukan publik relation
adalah menilai sikap masyarakat (publik) agar tercipta keserasian antara
masyarakat dan kebijaksanaan organisasi. Karena mulai dari aktivitas, program
publik relation, tujuan (goal), dan hingga sasaran (target) yang hendak
dicapai oleh organisasi. Humas berfungsi menciptakan partisipasi antar pejabat
PR (Publik Relation) dan masyarakat untuk mewujudkan tujuan bersama. Fungsi
tersebut dapat diwujudkan melalui beberapa strategi publik relation. Strategi
yang dapat digunakan di antaranya: strategi operasional, persuasif dan
edukatif, tanggung sosial humas,
dan pendekatan kerja sama. Berilah penjelasan tentang hal ini.
7.
Mid Semester
8.
Program
Kerja dan Aktivitas Publik Relation
Program kerja untuk mengelola berbagai aktivitas
PR tersebut dapat diwujudkan jika terorganisasi dengan baik melalui manajemen
PR yang dikelola secara profesional dan dapat dipertanggungjawabkan hasil atau
sasarannya. Hal tersebut juga dapat diwujudkan jika adanya pertukaran pendapat,
pesan, dan informasi yang jelas, dan mudah dimengerti oleh kedua belah pihak
yang terlibat komunikator dan komunikan. Semua itu dapat dimanfaatkan sebagai
alat (tool) untuk kegiatan atau aktivitas komunikasi dua arah timbal
balik (reciprocal two ways traffic communication) sehingga diperoleh
pencapaian umpak balik (feed back) yang positif.
9.
Keharusan
PR Membina Hubungan dengan Media dan Pers
Keharusan bagian PR sebuah organisasi membina
hubungan dengan media dan pers merupakan sebagai alat pendukung untuk
kepentingan proses publikasi berbagai program kerja untuk kelancaran aktivitas
komunikasi humas dengan pihak publik. Berilah analisa tentang hal ini.
- Media PR, Company Profile, Dokumentasi
Kliping, Special Events, dan Pameran sebagai Alat Promosi.
Media perusahaan biasanya dipergunakan sebagai
saluran atau sarana komunikasi yang sering dipergunakan oleh Praktisi Public
Relation untuk menyampaikan pesan kepada publiknya, dan sekaligus mampu
meningkatkan citra melalui berbagai jenis media publikasi, antara lain sebagai
berikut: House Journal, Printed Material, Media Pertemuan (Event),
Broadcasting Media dan Internet, dan Media Sarana Humas. Berilah penjelasan
tentang hal ini.
- Konsultan Humas (PR Consultan)
Dalam praktik lapangannya Manajemen Public
Relation terdapat dua bidang profesi public relation dalam memberikan pelayanannya. Pertama,
profesi public relation yang terlibat atau termasuk ke dalam suatu departemen,
unit atau bagian dari manajemen perusahaan yang statusnya sama dengan karyawan
lainnya. Kedua, Konsultan PR, profesi ini hanya memberikan jasa keahlian khusus
bidang konsultan kehumasan kepada pihak lain yang membutuhkan pelayanan jasa
profesionalnya. Berilah penjelasan tentang hal ini.
- Ujian Akhir Semester
D.
Evaluasi
1.
Penulisan
Makalah Sajian, dengan ketentuan.
a. Memilih salah satu topik perkuliahan.
b. Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New
Roman, font 12, 1,5 spasi.
c. Kertas
ukuran A4.
d. Minimal 5 halaman, di luar Kata Pengantar dan
Daftar Pustaka
e. Memenuhi syarat penulisan ilmiah.
2.
Penulisan
Makalah Akhir, dengan ketentuan
a. Memperbaiki makalah yang sudah disajikan.
b.Ditulis
ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c. Kertas
ukuran A4.
d. Memenuhi syarat penulisan ilmiah.
3.
Unsur-unsur
penilian:
a. Kehadiran 20%
b. Keaktifan 20%
c. Ujian Tengah Semester 20%
d. Ujian Akhir Semester 20%
e. Makalah 20%
______________________________
Total............................................100%
DAFTAR PUSTAKA
Abraham, Kathleen S.
Communication Everyday Use. San Fransisco: Rinehart Press, 1977.
Agee, Warren K, Phillip H. Ault and Edwin Emery. Introduction
to Mass Communication, New York: Harper and Row Publisher, 1977.
Berlo, David. K. The Process of Communication:
An Introduction to Theory and Practice. New York: Holt, Rinehart and
Winston, 1960.
Bonar, S. K. Hubungan Masyarakat Modern, Jakarta: PT
Pembangunan, 1966.
Book, Cassandra L. Human Communication:
Principles, Contexs and Skills. New York: St. Martin’s Press, 1980.
Byrnees, Francis. C. Communication (Reading
Material). The International Rice Research Institute. Los Banos-
Philippines, 1965.
Cangara, Hafied. Ilmu Komunikasi dalam Lintasan
Sejarah dan Filsafat. Surabaya: Karya Anda, 1996.
-----------, Pengantar Ilmu Komunikasi,
Jakarta: PT Raja Grafindo, 2014.
Effendy, Onong Uchjana. Hubungan Masyarakat, Suatu Studi Komunikasi,
Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992.
Ruslan, Rosady, Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi
Konsepsi dan Aplikasi, Jakarta:
PT Raja Grafindo, 2014.
Post a Comment