UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAPALEMBANG
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
JURUSAN JURNALISTIK

Nama Mata Kuliah       : Komunikasi Politik 
Kode Mt. Kuliah          : TIK
Jumlah SKS                 : 2 SKS
Semester                      : genap
Program Studi              : Jurnalistik
Dosen                          : Muslimin, M. Kom. I

A.  Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini adalah istilah yang terdiri dari kata, yaitu komunikasi dan politik. Kata komunikasi memiliki makna pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.  Jadi, ilmu komunikasi dapat didefinisikan serangkaian pengetahuan yang tersusun secara sistematis yang berkenaan dengan pengiriman dan penerimaan pesan (berita) antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.
Sedangkan, makna politik secara umum yaitu sebuah tahapan dimana untuk membentuk atau membangun posisi-posisi kekuasaan didalam masyarakat yang berguna sebagai pengambil keputusan-keputusan yang terkait dengan kondisi masyarakat. Politik adalah pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang berwujud proses pembuatan keputusan, terkhusus pada negara.

B.     Kompetensi Standar
1.      Mahasiswa memahami dengan baik mengenai teori-teori yang berkenaan dengan ilmu komunikasi politik.
2.      Mahasiswa memiliki kemampuan mengaplikasikan ilmu komunikasi politik dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
3.      Mahasiswa memiliki kemampuan mengembangkan pemikiran, gagasan, dan keilmuan yang berkenaan dengan ilmu komunikasi politik.

C.  Topik-topik Perkuliahan

1.   Orientasi Perkuliahan
Pengantar Umum Perkuliahan; penjelasan tentang sistem perkuliahan, kredit smester, penulisan makalah, serta sistem evaluasi.

2.      Komunikasi Politik sebagai Bidang Studi Baru 
a.       Latar Belakang dan Perkembangnya Komunikasi Politik
b.      Pengertian Komunikasi Politik
c.       Bidang Kajian Komunikasi Politik

3.      Metode Studi Komunikasi Politik
a.       Studi Agregat
b.      Studi Kritis (Cultural Criticism)
c.       Studi Analisis Isi (Content Analysis)
d.      Studi Eksperimental
e.       Studi Ex Post Facto
f.       Studi Survei
g.       Pendekatan Komunikasi Politi

4.      Komunikator Politik
a.       Komunikator Politik
b.      Juru Bicara (Spokes Person)
c.       Kepemimpinan Politik dalam Komunikasi Politik

5.      Pesan Politik
a.       Pesan dalam Komunikasi Politik
b.      Bahasa Hiperbola Politisi
c.       Implikasi Komunikasi Politik Nonverbal
d.      Membangun Pesan Verbal yang produktif

6.      Mahasiswa diberi tugas berkenaan dengan materi yang telah dibahas pada tengah semester pertama. Tugas berupa pembuatan rangkuman terhadap makalah yang telah didiskusikan.

7.    Mid Semester

8.      Media Massa dan Proses Politik
a.         Media Massa dalam Kehidupan Politik Negara
b.         Media Massa dan Proses Politik di Amerika Serikat
c.         Belanja Iklan dan Kampanye Politik

9.      Kekuasaan Media (Media Power)
a.         Pergeseran Pengertian Power
b.         Mengkritisi Media yang Trends to Corrupt
c.         Media dan Masyarakat
d.         Politik Pemilik Media

10.  Hakikat Kebebasan Pers dan Penguatan Demokrasi
a.         Hakikat Kebebasan Pers
b.         Nasionalisme dan Profesionalisme

11.  Politik dan Budaya Populer
a.         Budaya Populer
b.         Politik dalam Budaya Populer

12.Etika Media (Media Ethics): Peran Media dalam Pilkada Indonesia
a. Objektivitas Media dalam Pilkada
b. Peran Media dalam Pilkada
c.Mengawasi Kemungkinan Penyimpangan
d. Ironi Kondisi Ideal versus Kenyataan

13.  Mahasiswa diberi tugas berkenaan dengan materi yang telah dibahas pada tengah semester pertama. Tugas berupa pembuatan rangkuman terhadap makalah yang telah didiskusikan.

14.  Ujian Akhir Semester
D.  Evaluasi
1.      Penulisan Makalah Sajian, dengan ketentuan.
a.       Memilih salah satu topik perkuliahan.
b.      Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c.       Kertas  ukuran A4.
d.      Minimal 5 halaman, di luar Kata Pengantar dan Daftar Pustaka
e.       Memenuhi syarat penulisan ilmiah. 

2.      Penulisan Makalah Akhir, dengan ketentuan
a. Memperbaiki makalah yang sudah disajikan.
b.Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c. Kertas  ukuran A4.
d. Memenuhi syarat penulisan ilmiah.

3.      Unsur-unsur penilian:
a.       Kehadiran                                      20%
b.      Keaktifan                                       20%
c.       Ujian Tengah Semester                  20%
d.      Ujian Akhir Semester                     20%
e.       Makalah                                         20%
______________________________
Total............................................100%


DAFTAR PUSTAKA

Abraham, Kathleen S. Communication Everyday Use. San Fransisco: Rinehart Press, 1977.
Agee, Warren K, Phillip H. Ault and Edwin Emery. Introduction to Mass Communication, New York: Harper and Row Publisher, 1977.
Berlo, David. K. The Process of Communication: An Introduction to Theory and Practice. New York: Holt, Rinehart and Winston, 1960.
Bonar, S. K. Hubungan Masyarakat Modern, Jakarta: PT Pembangunan, 1966.
Book, Cassandra L. Human Communication: Principles, Contexs and Skills. New York: St. Martin’s Press, 1980.
Cangara, Hafied. Ilmu Komunikasi dalam Lintasan Sejarah dan Filsafat. Surabaya: Karya Anda, 1996.
Nimmo Dan, Komunikasi Politik: Khalayak dan Efek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Subiakto Henry dan Rachmah Ida, Komunikasi Politik, Media, dan Demokrasi, Jakarta: Prenada Group, 2014.



Post a Comment

 
Top