A. Pendahuluan
Tantangan
dakwah pada era globalisasi menuntut adanya sosok da’i profesional, memahami
Islam secara komprehensif, terampil dalam menyampaikan pesan dakwah, dan
memiliki kemampuan pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, dalam melakukan
kegiatan dakwah. Persoalan lain yang mesti diperhatikan dalam konteks dakwah di
Indonesia ialah situasi kultural dan kemajemukan masyarakat. Keadaan demikian
menuntut keterbukaan dan memperkenalkan Islam yang nonsektarian dan lebih dialogis dari para dai.
Oleh
karenanya, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang berencana
menyelenggarakan jurusan baru di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah
Palembang, yaitu
Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam.
Jurusan
Pengembangan Masyarakat Islam, memiliki tanggungjawab menghasilkan lulusan atau sarjana
yang mampu terserap oleh dunia kerja. Lebih dari itu, sarjana yang lulus dari
prodi ini diharapkan memiliki integritas keislaman dan kompetensi di bidang pengembangan
masyarakat Islam.
B. Visi Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam
Menghasilkan
tenaga ahli yang unggul dalam pengkajian dan pengembangan masyarakat Islam.
C. Misi Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam
Adapun
misi yang akan dikembangkan pada jurusan Pengembangan Masyarakat Islam adalah
sebagai berikut:
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran dalam
bidang pengembangan masyarakat Islam.
- Meningkatkan kajian dan penelitian dalam bidang pengembangan
masyarakat Islam.
- Meningkatkan peran serta jurusan dalam bidang pengembangan masyarakat
Islam.
- Mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak untuk melaksanakan Tri
Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang pengembangan masyarakat
Islam.
BAB II
STUDI KELAYAKAN PEMBUKAAN PROGRAM
PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM
A. Kondisi Obyektif Prodi yang sudah Dilaksanakan
1. Deskripsi objektif program studi yang sudah dilaksanakan
Fakultas
Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang, awalnya bernama Fakultas Dakwah. Keberadaan Fakultas dakwah
sendiri tidak terlepas dari Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Fatah Palembang,
dimana sejak tahun 1976 Fakultas Ushuluddin telah mengembangkan jurusan yang
sebelumnya hanya ada satu jurusan saja, yaitu jurusan Perbandingan Agama,
ditambah satu jurusan yaitu Dakwah.[1]
Seiring
dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka diperlukan adanya
pengembangan fakultas di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang untuk menambah
berbagai disiplin ilmu sebagai pelengkap keilmuan yang berhubungan dengan agama
Islam, sehubungan dengan hal tersebut menjelang tahun akademik 1995/1996
Fakultas Ushuluddin Jurusan Dakwah membentuk program Studi Komunikasi Penyiaran
Islam (KPI) dan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI).[2]
Sedangkan pada saat ini, setelah
IAIN bertransformasi menjadi UIN Raden Fatah Palembang. Prodi-prodi yang ada di
Fakultas Dakwah dan Komunikasi adalah sebagai berikut: Pertama,
Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dengan gelar S. Kom. I; Kedua,
Bimbingan Konseling Islam (BKI) dengan gelar S. Kom. I; Ketiga, Jurnalistik
(TIK) dengan gelar S. Sos. (Sarjana Sosial); Keempat, Sistem Informasi
(SI) dengan gelar S. SI (Sarjana Sistem Informasi).
Kemudian sebagai upaya pengembangan prodi-prodi yang ada
di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang. Pihak Fakultas
berencana membuka prodi baru. Pertama, jurusan Manajemen Dakwah
Konsentrasi Haji dan Umrah; Kedua, jurusan Pengembangan Masyarakat
Islam. Penyelenggaraan jurusan Manajemen Dakwah Konsentrasi Haji dan Umrah,
serta Pengembangan Masyarakat Islam, sebagai upaya menyiapkan ilmuwan dakwah
yang bermoral tinggi serta memiliki keterampilan sebagai manajer dalam
pengelolaan lembaga-lembaga dakwah dan masyarakat. Selain itu, juga memiliki
kemampuan mengatasi konflik-konflik sosial dan keagamaan yang terjadi di masyarakat.
2.
Kerja Sama
Kerja
Sama yang dilakukan dalam rangka mengembangkan Jurusan Pengembangan Masyarakat
Islam. Pihak-pihak yang akan diajak kerjasama di antaranya:
a. Dirjen Bimbingan Masyarakat
Islam Kemenag RI.
b. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dalam pengembangan
kurikulum, pertukaran mahasiswa dan penelitian.
c. Kemenag Sumsel dalam Pengembangan Praktikum dan Kuliah
Lapangan.
d. Badan Amil Zakat Sumsel, Rumah Tahfidz, Rumah Zakat,
Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, dan lembaga-lembaga lain dalam
pengembangan studi dan praktikum.
e. FORPES (Forum
Perantren Sumsel), Ponpes Ar-Riyadh, Al-Ittifaqiah, Raudhatul Ulum, dalam
pengembangan studi dan praktikum.
f. Media Lokal Sumsel, Tribun Sumsel, Sripo, Sumatera
Ekspres, dalam pengembangan minat menulis.
B. Need Assessment
Beragamnya
masyarakat yang akan dihadapi oleh seorang da’i, menuntut adanya upaya
sungguh-sungguh untuk menciptakan konsep dakwah Islam yang relevan dengan
keanekaragaman obyek dakwah di lapangan. Penyampaian pesan dakwah oleh seorang da’i haruslah
dilakukan dengan cara memahami karateristik dan tipologi masyarakat yang
dihadapinya. Oleh karena itu, UIN Raden Fatah Palembang khususnya, Fakultas
Dakwah dan Komunikasi, juga bermaksud membuka jurusan Pengembangan Masyarakat
Islam, agar dapat melahirkan da’i-da’i yang memiliki kemampuan mengurai dan
menyelesaikan masalah-masalah sosial dan keagamaan di masyarakat.
BAB III
PROYEKSI PROGRAM STUDI PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM
A.
Sumber Daya Manusia
1.
Nama-Nama Dosen Program Studi Pengembangan
Masyarakat Islam
No
|
Nama
Dosen
|
Tgl.
Lahir
|
Pendidikan S1, S2, dan S3 Asal Universita
|
Bidang Keahliah Setiapn Jenjang Pendidikan
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
2. Tenaga Kependidikan Program Studi Pengembangan Masyarakat
Islam
No.
|
Nama
Tenaga Kependidikan
|
Tgl. Lahir
|
Pendidikan
|
Bidang Keahlian
|
|
|
|
|
Tenaga
Administrasi
|
|
|
|
|
Tenaga
Perpustakaan
|
|
|
|
|
Tenaga Laboratorium
|
|
|
|
|
Tenaga Taknis
|
Kualifikasi
minimal tenaga kependidikan adalah Sarjana (S.1) sesuai bidangnya.
(Data mengenai nama dosen, kualifikasi, dan kompetensi
disusun dalam format table. Sedangkan keterangan mengenai komponen dosen dan
tenaga kependidikan yang meliputi: 1) ijazah terakhir; 2) SK pengangkatan
sebagai dosen/ tenaga kependidikan; 3) Surat keterangan kesediaan mengajar pada
program studi yang diajukan; 4) biodata, dilampirkan.
BAB IV
KURIKULUM PROGRAM STUDI
PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM
A.Struktur
Kurikulum (Body of Curriculum)
Struktur
Kurikulum terdiri dari MPK (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian), MKK (Mata
Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan), MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya), MPB
(Mata Kuliah Perilaku Berkarya), dan MBB (Mata Kuliah Berkehidupan Bersama).
Pengelompokan mata kuliah berdasarkan unsur kompetensi, meliputi: mata kuliah
kompetensi utama, pendukung, dan lainnya.
Kelompok
MPK adalah kelompok bahan kajian dan mata kuliah untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, dan memiliki
jiwa kebangsaan Indonesia. Kelompok MKK (Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan)
adalah kelompok bahan kajian dan mata kuliah yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan
penguasaan ilmu dan ketrampilan tertentu.
Kelompok MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya) adalah kelompok bahan
kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekayaan
berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai.
Sedangkan
Kelompok MPB (Mata Kuliah Perilaku Berkarya) adalah kelompok bahan kajian dan mata
kuliah yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan
seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan
ketrampilan yang dikuasai. Kelompok MBB adalah kelompok bahan kajian dan mata
kuliah yang diperlukan seseorang untuk memahami makna kehidupan
dalam bermasyarakat.
1.
Struktur Kurikulum
Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam.
Semester
I
No
|
Kode MK
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
1
|
MPK
|
2
|
|
2
|
MPK
|
2
|
|
3
|
MPK
|
2
|
|
4
|
MPK
|
2
|
|
5
|
MKK
|
Pengantar Ilmu Sosiologi
|
2
|
6
|
MKK
|
2
|
|
7
|
MBB
|
Bimbingan Penyuluhan Sosial
|
2
|
8
|
MKK
|
2
|
|
9
|
MKK
|
2
|
|
10
|
MKB
|
Kewirausahaan Sosial
|
2
|
11
|
MKK
|
Filsafat
Islam
|
2
|
|
|
Jumlah
|
22
|
Semester II
No
|
Kode
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
1
|
MPK
|
Tafsir al-Qur’an Dakwah
|
2
|
2
|
MPK
|
Tafsir Hadits Dakwah
|
2
|
3
|
MPK
|
Ilmu Kalam
|
2
|
4
|
MPK
|
2
|
|
5
|
MPK
|
2
|
|
6
|
MPK
|
Kesehatan Lingkungan
|
2
|
7
|
MPK
|
Sosiologi Pedesaan
|
2
|
8
|
MPK
|
Pengembangan Sumber Daya Manusia
|
2
|
9
|
MPK
|
2
|
|
10
|
MPK
|
2
|
|
11
|
MPK
|
2
|
|
|
|
Jumlah
|
22
|
Semester III
No
|
Kode
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
1
|
MPK
|
2
|
|
2
|
MPK
|
2
|
|
3
|
MPK
|
Pengembangan dan Pengorganisasian Masyarakat
|
2
|
4
|
MPK
|
Komunikasi Antarbudaya
|
2
|
5
|
MKK
|
Sosiologi Perkotaan dan Industri
|
2
|
6
|
MKK
|
2
|
|
7
|
MKB
|
Leadership dalam Pengemb. Masyarakat Islam
|
2
|
8
|
MKB
|
Kelembagaan Lokal
|
2
|
9
|
MKK
|
2
|
|
10
|
MKK
|
Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan
|
2
|
|
|
Jumlah
|
20
|
Semester IV
No
|
Kode
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
1
|
MPK
|
2
|
|
2
|
MPK
|
Ekologi Manusia
|
2
|
3
|
MPK
|
Kemiskinan & Pemberdayaan Masyarakat
|
2
|
4
|
MKK
|
Statistik
Sosial Terapan
|
2
|
5
|
MKK
|
Analisis Permasalahan Sosial
|
2
|
6
|
MKK
|
Dasar-dasar Pembangunan Sosial
|
2
|
7
|
MKB
|
Manajemen Pengembangan Masyarakat Islam
|
2
|
8
|
MKB
|
Pengelolaan Kesejahteraan Masyarakat Islam,
|
2
|
9
|
MKK
|
Ilmu Komunikasi
|
2
|
10
|
MKB
|
2
|
|
|
|
Jumlah
|
20
|
Semester
V
NO
|
KODE MK
|
MATA KULIAH
|
SKS
|
1
|
MKK
|
2
|
|
2
|
MKB
|
2
|
|
3
|
MKB
|
Kemiskinan & Pemberdayaan Masyarakat,
|
2
|
4
|
MKB
|
2
|
|
5
|
MKB
|
Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat
|
2
|
6
|
MPK
|
Metode Partisipatori Rulal
|
2
|
7
|
MPK
|
Sejarah Sosial Masyarakat Islam Indonesia
|
2
|
8
|
MPK
|
Studi Pembangunan
|
2
|
9
|
MKK
|
Antropologi Budaya
|
2
|
10
|
MKK
|
Sosiologi
Komunikasi Massa
|
2
|
|
|
Jumlah
|
20
|
Semester
VI
NO
|
KODE MK
|
MATA KULIAH
|
SKS
|
1
|
MPK
|
2
|
|
2
|
MPK
|
Geografi Islam
|
2
|
3
|
MKK
|
Komunikasi Organisasi
|
2
|
4
|
MKB
|
2
|
|
5
|
MKB
|
2
|
|
6
|
MKK
|
Sistem Ekonomi Islam
|
2
|
7
|
MPK
|
Paradigma dan Teori Ilmu Sosial
|
2
|
8
|
MKK
|
Rijal Dakwah (Tokoh Dakwah)
|
2
|
9
|
MKB
|
2
|
|
10
|
MKB
|
2
|
|
|
|
Jumlah
|
20
|
Semester
VII
NO
|
KODE
|
MATA KULIAH
|
SKS
|
1
|
MPK
|
2
|
|
2
|
MKK
|
Sosiologi Pedesaan
|
2
|
3
|
MKB
|
Manajemen Perkembangan Masyarakat
|
2
|
4
|
MKK
|
Sosiologi Pembangunan
|
2
|
5
|
MKK
|
Sosiologi Perkotaan
|
2
|
7
|
MKB
|
Peta Sosial Ekonomi Umat Islam
|
2
|
8
|
MKK
|
Ekologi/Ilmu Lingkungan
|
2
|
9
|
MPB
|
Pengembangan Kelembagaan Lokal
|
2
|
|
|
Jumlah
|
18
|
Semester VIII
No.
|
Kode MK
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
1.
|
MBB
|
KKN
|
4
|
2.
|
MKB
|
Skripsi
|
6
|
|
|
Jumlah
|
10
|
Total Beban Studi: 150
Pengembangan
kurikulum pada dasarnya merupakan kaidah-kaidah atau hukum yang akan menjiwai
suatu kurikulum. Dalam pengembangan kurikulum, dapat menggunakan
prinsip-prinsip yang telah berkembang dalam kehidupan sehari-hari atau justru
menciptakan sendiri prinsip-prinsip baru. Oleh karena itu, dalam implementasi
kurikulum di suatu lembaga pendidikan sangat mungkin terjadi penggunaan
prinsip-prinsip yang berbeda dengan kurikulum yang digunakan di lembaga
pendidikan.
B. Rumusan Kompetensi Lulusan yang Jelas
Jurusan Pengembangan
Masyarakat Islam membekali mahasiswa
untuk mendapatkan kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan, yaitu:
1. Memiliki kemampuan memahami persoalan-persoalan sosial
kemasyarakatan yang mengakibatkan timbulnya ketidak adilan sosial berdasarkan
ajaran Islam.
2. Memiliki sikap perduli dan berpihak pada kelompok
masyarakat yang tidak diuntungkan.
3. Memiliki pemahaman dan ketrampilan melakukan pendampingan
melalui peran fasilitator dan katalisator agar komunitas memiliki kemampuan memobilisasi
asset yang mereka punyai secara keberlanjutan dalam rangka menyelesaikan
persoalan yang ada.
4. Mempunyai kemampuan dan pengalaman dibidang kewirausahaan
dan ivent organizer.
5. Mempunyai ketrampilan tambahan di bidang manajamen lingkungan dan bencana.
C. Distribusi Mata Kuliah
Kualitas
kompetensi yang tinggi perlu mempertimbangkan keselarasan dengan metode,
strategi, dan teknik pembelajaran. Untuk mencapainya perlu menekankan proses
pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa (student centered), dengan belajar
aktif (active learning), dan kolaboratif (collaborative learning).
Setiap mata kuliah diupayakan menyentuh aspek kognitif, afektif, normatif, dan psikomotorik (tingkah laku).
Dosen
dalam mengajar harus mampu berlaku sebagai fasilitator yang mengarahkan
mahasiswa untuk mengakses sumber-sumber belajar yang diperlukan baik berupa
narasumber, perpustakaan, internet, jurnal ilmiah, dan masyarakat umum.
Sejak
awal semester dosen dapat menunjukkan Outline mata kuliah kepada
mahasiswa sebagai bukti kesiapannya. Outline satuan mata kuliah untuk
satu semester mencakup.
- Deskripsi tentang dosen mata kuliah yang
bersangkutan meliputi alamat, tugas, jam konsultasi dan bagaimana cara
berkonsultasi.
- Deskripsi umum tentang karakter mata kuliah mencakup
nomor kode mata kuliah, status mata kuliah, ruang kuliah, jam kuliah, jam
sks, dan mata kuliah wajib/pilihan.
- Deskripsi tentang arti penting mata kuliah.
- Materi pembelajaran dapat berupa narasi, gambar.
- Referensi
- Alokasi Waktu
- Strategi pembelajaran yang dipakai
- Evaluasi Mata Kuliah
Penilaian
merupakan proses untuk menentukan pencapaian kompetensi mahasiswa setelah
mengikuti proses pembelajaran. Penilaian dilakukan secara terpadu untuk
mengungkapkan seluruh aspek kemampuan mahasiswa baik aspek kognitif, afektif,
normatif, dan psiko motorik.
D. Kelengkapan Silabus
Silabus
merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi
pokok, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian. Silabus yang
dikembangkan di Jurusan Manajemen Dakwah Konsentrasi Haji dan Umroh mengandung
unsur-unsur sebagai berikut:
- Standar Kompetensi
Standar Kompetensi merupakan integrasi pengetahuan,
ketrampilan, sikap, nilai dan tingkat penguasaan yang diharapkan dicapai
mahasiswa dalam mempelajari suatu mata kuliah. Standar kompetensi ini berfungsi
untuk mengarahkan dosen dan mahasiswa mengenai target yang akan dicapai.
- Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar merupakan pernyataan tentang
pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan nilai-nilai yang direfleksikan dalam
kebiasaan berpikir dan bertindak setelah mahasiswa menyelesaikan satu aspek
dari standar kompetensi. Kompetensi dasar merupakan rincian dari standar
kompetensi sehingga setiap standar kompetensi memiliki beberapa dasar.
- Alokasi Waktu
- Sumber Belajar
Sumber belajar merupakan segala hal yang berfungsi
sebagai acuan dalam proses pembelajaran mahasiswa baik berupa orang, bahan
cetak, elektronik, tempat maupun peristiwa.
- Penilaian
Penilaian dapat dilakukan dengan pengumpulan hasil-hasil
karya mahasiswa, sikap mahasiswa, penampilan, dan tes baik lisan maupun
tulisan.
- Integrasi Interkoneksi
Integrasi interkoneksi, merupakan paradigma keilmuan UIN
yang perlu diimplementasikan dalam kurikulum, silabus, dan proses pembelajaran.
BAB V
SARANA DAN PRASANARA
A. Sarana
Akademik Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam
No
|
Nama
Sarana Akademik Umum
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1.
|
Ruang
Perkuliahan
|
|
|
2.
|
Perpustakaan
|
|
|
3.
|
Ruang
Administrasi
|
|
|
4.
|
Ruang
Dosen
|
|
|
5.
|
Laboratorium
|
|
|
6.
|
Tempat
Ibadah, Olah Raga, dll.
|
|
|
B. Proyeksi
Pendanaan
Rencana
anggaran dan pendapatan prodi (RAB-PT) berasal dari biaya pendaftaran Rp.
250.000,- dan biaya perkuliahan Rp. 600.000,-/semester
BAB VI
PROYEKSI POTENSI DAN PELUANG
KERJA
Adapun peluang kerja
Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam di antaranya:
1. Ilmuan dakwah (dosen, peneliti, analisis sosial);
2. Pekerjaan pada instansi pemerintah yang melaksanakan
pembangunan dengan menggunakan pendekatan community development dan manajemen
partisipasif (Depsos, Depnaker, Deptan, BKKBN, Kependudukan, Pariwisata,
Diknas, Depag, Depdagri, dll).
3. Tenaga profesional dalam pengembangan masyarakat sebagai
konsultan, staf ahli, atau pendamping pembangunan;
4. Tenaga LSM bidang community development;
5. Perencanaan dan tenaga lapangan perbaikan lingkungan
permukiman kota-kota dan perkampungan;
6. Tenaga pemberdayaan ekonomi umat;
7. Pengembang sumberdaya manusia, sumberdaya ekonomi dan
sumberdaya lingkungan pada berbagai lembaga industri, lembaga ekonomi, lembaga
politik, perusahaan/ korporasi, resor wisata, dan pusat-pusat publik lain.
Post a Comment