A.
Definisi Fenomenologi
Kata fenomenologi
berasal dari kata Yunani fenomenon yaitu sesuatu yang tampak, yang terlihat
karena bercakupan. Dalam bahasa Indonesia biasa dipakai istilah gejala. Jadi
fenomenologi adalah suatu aliran yang membicarakan fenomenon, atau segala
sesuatu yang menampakkan diri.[1]
Tokoh fenomenologi
adalah Edmund Husserl (1859-1938), ia adalah pendiri fenomenologi yang
berpendapat bahwa ada kebenaran untuk semua orang, dan manusia dapat
mencapainya.[2] Adapun
inti pemikiran fenomenologi menurut Husserl adalah bawah untuk menemukan
pemikiran yang benar, seseorang harus kembali kepada “benda-benda” sendiri.
Dalam bentuk slogan pendirian ini mengungkapkan dengan kalimat Zu den Sachen (to the things).[3]
Kembali kepada “benda-benda” dimaksudkan adalah bahwa “benda-benda” diberi
kesempatan untuk berbicara tentang hakikat dirinya. Pernyataan tentang hakikat
“benda-benda” tidak lagi bergantung kepada orang yang membuat pernyataan,
melainkan ditentukan oleh “benda-benda” itu sendiri.
Akan tetapi,
“benda-benda” tidaklah secara langsung memperlihatkan hakikat dirinya. Apa yang
kita temui pada “benda-benda” itu dalam pemikiran biasa bukanlah hakikat.
Hakikat benda itu ada di balik yang kelihatan itu. Karena pemikiran pertama (first look) tidak membuka tabir yang
menutupi hakikat, maka diperlukan pemikiran kedua (second look). Alat yang digunakan untuk menemukan hakikat pada
pemikiran kedua ini adalah intuisi. Istilah yang digunakan Husserl menunjukkan
penggunaan intuisi dalam menemukan hakikat adalah Wesenschau: melihat (secara
intuitif) hakikat gejala-gejala.[4]
Dalam usaha melihat
hakikat dengan intuisi, Husserl memperkenalkan pendekatan reduksi. Yang
dimaksud reduksi dalam hal ini adalah penundaan segala pengetahuan yang tentang
objek sebelum pengamatan intuitif dilakukan. Reduksi juga dapat diartikan
penyaringan atau pengecilan. Istilah lain yang digunakan Husserl adalah epoche yang artinya sebagai penempatan
sesuatu di antara dua kurung. Namun yang dimaksud ialah “melupakan
pengertian-pengertian tentang objek untuk sementara dan berusaha melihat objek
secara langsung dengan intuisi tanpa bantuan pengertian-pengertian yang ada
sebelumnya.[5] Reduksi
ini adalah salah satu prinsip yang mendasari sikap fenomenologis. Untuk
mengetahui sesuatu, seorang fenomenologis bersikap netral, tidak menggunakan
teori-teori atau pengertian-pengertian yang telah ada dalam hal ini diberi
kesempatan “berbicara tentang dirinya sendiri.”[6]
Peneliti dalam pandangan
fenomenologis berusaha memahami arti peristiwa dan kaitan-kaitannya terhadap
orang-orang biasa dalam situasi-situasi tertentu. Sosiologi fenomenologis pada
dasarnya sangat dipengaruhi oleh Edmund Husserl dan Alfred Schultz. Pengaruh
lainnya berasal dari Weber yang memberi tekanan pada verstehn, yaitu pengertian
interpretatif terhadap pemahaman manusia. Fenomoenologi tidak berasumsi bahwa
peneliti mengetahui arti sesuatu bagi orang-orang yang sedang diteliti oleh
mereka.
Inkuiri fenomenologis memulai dengan
diam. Diam merupakan tindakan untuk mengungkap pengertian sesuatu yang sedang
diteliti. Yang ditekankan oleh kaum fenomenologis adalah aspek subjektif dari
perilaku orang. Mereka berusaha untuk masuk kedalam dunia konseptual para
subyek yang ditelitinya sedemikian rupa sehingga mereka mengerti apa dan
bagaiaman suatu pengertian yang dikembangkan oleh mereka di sekitar peristiwa
dalam kehidupannya sehari-hari. Para fenomenolog percaya bahwa pada makhluk
hidup tersedia pelbagai cara untuk menginterpretasikan pengalaman melalui
interaksi dengan orang lain, dan bahwa pengertian pengalaman kitalah yang membentuk
kenyataan.
Ada pelbagai cabang penelitian kualitatif, namun semua berpendapat sama tentang tujuan penertian subyek penelitian, yaitu melihatnya dari “sudut pandang mereka”. Jika ditelaah secara teliti, frase “dari segi pandang mereka” menjadi persoalan. Persoalannya adalah “dari segi pandang mereka” bukanlah merupakan ekspresi yang digunakan oleh subyek itu sendiri dan belum tentu mewakili cara mereka berpikir. “Dari segi pandangan mereka” adalah cara peneliti menggunakannya sebagai pendekatan dalam pekerjaannya. Jadi, “dari segi pandangan mereka” merupakan konstrak penelitian. Melihat subyek dari segi ini hasilnya barangkali akan memaksa subyek tersebut mengalami dunia yang asing baginya.
Sebenarnya upaya mengganggu dunia subyek oleh peneliti bagaimanapun perlu dalam penelitian. Jika tidak, peneliti akan membuat tafsiran dan harus mempunyai kerangka konsep untuk menafsirkannya. Peneliti kualitatif percaya bahwa mendekati orang dengan tujuan mencoba memahami pandangan mereka dapat menghalangi pengalaman subyek. Bagi peneliti kualitatif terdapat perbedaan dalam (1) Derajat mengatasi masalah metodologis/konseptual ini dan (2) cara mengatasinya. Sebagian peneliti mencoba melakukan “deskripsi fenomenologis murni”. Di pihak lain, peneliti lainnya kurang memperdulikan dan berusaha membentuk abstraksi dengan jalan menafsirkan data berdasarkan “segi pandangan mereka”. Apapun posisi seorang peneliti, yang jelas ia harus menyadari persoalan teoretis dan isu metodologis ini.
Ada pelbagai cabang penelitian kualitatif, namun semua berpendapat sama tentang tujuan penertian subyek penelitian, yaitu melihatnya dari “sudut pandang mereka”. Jika ditelaah secara teliti, frase “dari segi pandang mereka” menjadi persoalan. Persoalannya adalah “dari segi pandang mereka” bukanlah merupakan ekspresi yang digunakan oleh subyek itu sendiri dan belum tentu mewakili cara mereka berpikir. “Dari segi pandangan mereka” adalah cara peneliti menggunakannya sebagai pendekatan dalam pekerjaannya. Jadi, “dari segi pandangan mereka” merupakan konstrak penelitian. Melihat subyek dari segi ini hasilnya barangkali akan memaksa subyek tersebut mengalami dunia yang asing baginya.
Sebenarnya upaya mengganggu dunia subyek oleh peneliti bagaimanapun perlu dalam penelitian. Jika tidak, peneliti akan membuat tafsiran dan harus mempunyai kerangka konsep untuk menafsirkannya. Peneliti kualitatif percaya bahwa mendekati orang dengan tujuan mencoba memahami pandangan mereka dapat menghalangi pengalaman subyek. Bagi peneliti kualitatif terdapat perbedaan dalam (1) Derajat mengatasi masalah metodologis/konseptual ini dan (2) cara mengatasinya. Sebagian peneliti mencoba melakukan “deskripsi fenomenologis murni”. Di pihak lain, peneliti lainnya kurang memperdulikan dan berusaha membentuk abstraksi dengan jalan menafsirkan data berdasarkan “segi pandangan mereka”. Apapun posisi seorang peneliti, yang jelas ia harus menyadari persoalan teoretis dan isu metodologis ini.
Peneliti kualitatif cenderung berorientasi
fenomenologis, namun sebagian besar diantaranya tidak radikal, tetapi idealis
pandangannya. Mereka memberi tekanan pada segi subjektif, tetapi mereka tidak
perlu menoklak kenyataan adanya “di tempat sana”, artinya mereka tidak perlu
mendesak atau bertentangan dengan pandangan orang yang mampu menolak tindakan
itu. Sebagai gambaran diberikan contoh, misalnya guru mungkin percaya bahwa ia
mampu menembus dinding bata, tetapi untuk mencapainya memerlukan pemikiran.
Hakikatnya, batu itu keras ditembus, namun guru itu tidak perlu merasakan bahwa
ia tidak mampu berjalan menembus dinding itu. Peneliti kulaitatif menekankan
berpikir subyektif karena, sebagai yang mereka lihat, dunia di dominasi oleh
subyek yang kurang keras dbandingkan dengan batu. Manusia kurang lebih sama
dengan ‘mesin kecil’ yang dapat melakukan sesuatu. Kita hidup dalam imajinasi
kita, lebih banyak berlatar simbolik daripada konkret.
Daftar Pustaka
Anton Bakker, Metode-Metode Filsafat, Jakarta: Ghalia
Indonesia, 1984
Bertens,
K, Filsafat Barat Dalam Abad XX,
Jakarta: PT Gramedia, 1981
Clive
Erricker, “Pendekatan Fenomenologis”
dalam Peter Connolly (ed.), Aneka Pendekatan Studi Agama terj. Imam
Khoiri Yogyakarta: LkiS, 2009
Jacques
Waardenburg, Classical Approach to the Study of Religion Paris, Mouton:
The Hague, 1973
James B.
Connant, Modern Science and Modern Man, Garden City: Doubleday Co., 1954
Harry Hammersma, Tokoh-Tokoh Filsafat, Jakarta: PT.
Gramedia, 1983
Magestari,
Noerhadi, Tradisi Baru Penelitian Agama Islam, Bandung: Pusjarlit, Cet. I, 1998
Moleong,
Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif,
Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet. IX, 1998
Paul
Edward (ed), The Encyclopaedia of
Philosophy, Vol. 5, New York: MacMilan Publishing Co., Inc and Free Press,
1972
Praja,
Juhaya S, Aliran-Aliran Filsafat dan
Etika; Suatu Pengantar, Bandung: Yayasan Piara, 1997
Harun
Hadiwijoyo, Sari Sejarah Filsafat Barat 2, Yogyakarta: Kanisius, 1992
Rev. Emeka
C. Ekeke & Chike Ekeopara, “Phenomenological
Approach to The Study of Religion A Historical Perspective,” European
Journal of Scientific Research, Vol. 44, No. 2, 2010
http://www.infoskripsi.com/Theory/Pendekatan-Fenomenologis-Bagian-I.html
[1] Lihat, K. Bertens, Filsafat Barat Dalam Abad XX, (Jakarta:
PT Gramedia, 1981), hal. 109
[2] Lihat, Paul Edward (ed), The Encyclopaedia of Philosophy, Vol. 5,
(New York: MacMilan Publishing Co., Inc and Free Press, 1972), hal. 137
[3] Harry Hammersma, Tokoh-Tokoh Filsafat, (Jakarta: PT.
Gramedia, 1983), hal. 116
[4] Anton Bakker, Metode-Metode Filsafat, (Jakarta: Ghalia
Indonesia, 1984), hal. 113-117
[5] Yusuf Karam, Tarikh al-Falsafat al-Hadithah, tt.,
hal. 460
[6] Anton Bakker, op. cit., hal. 112
Post a Comment