FAKULTAS DAKWAH
DAN KOMUNIKASI
JURUSAN
KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
Nama Mata Kuliah : Ilmu Komunikasi
Kode Mt. Kuliah : KPI 401
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : 4 (genap)
Program Studi : Komunikasi Penyiaran Islam
Dosen : Dr. Muslimin, M. Kom. I
A.Deskripsi
Mata Kuliah
Mata kuliah ini adalah istilah yang terdiri dari
kata, yaitu ilmu dan komunikasi. Menurut Kamu Besar Bahasa
Indonesia, ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara sistematis menurut metode tertentu, yang dapat
digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu. Sedangkan kata komunikasi
memiliki makna pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang
atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Jadi,
ilmu komunikasi dapat didefinisikan serangkaian pengetahuan yang tersusun
secara sistematis yang berkenaan dengan pengiriman dan penerimaan pesan
(berita) antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat
dipahami.
B.
Kompetensi
Standar
1.
Mahasiswa memahami
dengan baik mengenai teori-teori yang berkenaan dengan ilmu komunikasi.
2.
Mahasiswa memiliki
kemampuan mengaplikasikan ilmu komunikasi dalam menjalankan aktivitas
sehari-hari.
3.
Mahasiswa memiliki
kemampuan mengembangkan pemikiran, gagasan, dan keilmuan yang berkenaan dengan ilmu komunikasi.
C.Topik-topik Perkuliahan
1. Orientasi
Perkuliahan
Pengantar
Umum Perkuliahan; penjelasan tentang sistem perkuliahan, kredit smester,
penulisan makalah, serta sistem evaluasi.
2. Ruang Lingkup, Pengertian,
dan Unsur-Unsur Komunikasi
Komunikasi adalah
peristiwa komunikasi di mana komunikator (da’i) menyampaikan pesan
melalui lambang-lambang kepada komunikan (mad’u), dan komunikan (mad’u)
menerima pesan itu, mengolahnya dan kemudian meresponnya. Uraikanlah
pengertian, ruang lingkup, dan manfaat mempelajari ilmu komunikasi.
3. Tipe atau Bentuk Komunikasi
Joseph A. Devito seorang
professor komunikasi di City University of New York dalam bukunya Communicology
(1982) membagi komunikasi atas empat macam, yakni komunikasi antarpribadi, komunikasi kelompok kecil, komunikasi
publik, dan komunikasi massa. Berilah penjelasan tentang hal ini.
4. Model Komunikasi
Hampir semua di antara
kita pernah mengunjungi pameran atau museum. Di sana diperlihatkan berbagai macam
miniatur, seperti gedung, candi, pesawat terbang, perahu, dan sebagainya. Miniature-miniatur
seperti dimaksud adalah model. Komunikasi sebagai ilmu yang mempelajari
perilaku manusia dalam berkomunikasi, juga dapat digambarkan dalam berbagai
macam model. Berilah analisa
tentang hal ini.
5. Fungsi Komunikasi
Menurut Harold D. Lasswell fungsi komunikasi
antara lain. Pertama, manusia dapat mengontrol lingkungannya. Kedua,
beradaptasi dengan lingkungan tempat mereka berada. Ketiga, melakukan
transformasi warisan sosial
kepada generasi berikutnya. Berilah penjelasan tentang hal ini.
6. Menjadi
Komunikator yang Profesional
Komunikator adalah pihak yang mengirim pesan
kepada khalayak. Oleh karena itu, komunikator biasa disebut pengirim, sumber,
source atau encoder. Sebagai pelaku utama dalam proses komunikasi, komunikator
memegang peranan sangat penting, terutama dalam mengendalikan jalannya
komunikasi. Berilah penjelasan tentang hal ini.
7. Mid Semester
8. Pesan (Kode Verbal
dan Non verbal)
Membicarakan pesan (message) dalam proses
komunikasi, kita tidak bisa
melepaskan diri dari apa yang disebut simbol dan kode, karena pesan yang dikirim komunikator kepada penerima terdiri atas
rangkaian simbol kode. Berilah analisa tentang hal ini.
- Media Komunikasi dan Gangguan dan Rintangan Komunikasi
Media adalah alat yang digunakan untuk
menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Sedangkan, jika kita melihat hakikat komunikasi sebagai
suatu sistem, gangguan komunikasi bisa terjadi pada semua elemen atau
unsur-unsur yang mendukungnya, termasuk faktor lingkungan di mana komunikasi
itu terjadi. Berilah analisa tentang hal ini.
- Penerima Pesan Komunikasi
dan Pengaruh
Peristiwa Komuniskasi
Penerima biasa disebut dengan istilah khalayak,
sasaran, pembaca, pendengar, pemirsa, audience, decoder atau komunikan.
Sedangkan, semua peristiwa komunikasi yang dilakukan secara terencana mempunyai
tujuan, yakni memengaruhi khalayak atau penerima. Pengaruh atau efek ialah
perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan, dan dilakukan oleh penerima
sebelum dan sesudah menerima pesan. Berilah analisa tentang hal ini.
11. Perkembangan
Terakhir Ilmu Komunikasi
Meski praktik komunikasi retorika dan
jurnalistik telah ada sejak zaman Yunani, namun sebagai mata pelajaran di
perguruan tinggi retorika baru diajarkan di sekolah Kathedral di Chatres pada
abad ke-13. Sedangkan jurusan jurnalistik diajarkan dengan nama ilmu pers oleh
Karl Bucher di Bazel- Swiss pada tahun 1884. Di Amerika Serikat misalnya
pendidikan komunikasi baru melembaga setelah Wilbur Schramm membuka program
pascasarjana pada 1950 di University of Illinois. Berilah Analisa tentang hal
ini.
12. Ujian Akhir
Semester
D.
Evaluasi
1.
Penulisan Makalah Sajian, dengan ketentuan.
a. Memilih salah satu
topik perkuliahan.
b. Ditulis ketik
komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c. Kertas ukuran A4.
d. Minimal 5 halaman, di
luar Kata Pengantar dan Daftar Pustaka
e. Memenuhi syarat
penulisan ilmiah.
2.
Penulisan Makalah Akhir, dengan ketentuan
a. Memperbaiki makalah yang sudah disajikan.
b.Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c. Kertas
ukuran A4.
d. Memenuhi syarat penulisan ilmiah.
3.
Unsur-unsur penilian:
a. Kehadiran 20%
b. Keaktifan 20%
c. Ujian Tengah Semester 20%
d. Ujian Akhir Semester 20%
e. Makalah 20%
______________________________
Total............................................100%
DAFTAR PUSTAKA
Abraham, Kathleen S.
Communication Everyday Use. San Fransisco: Rinehart Press, 1977.
Agee, Warren K, Phillip H. Ault and Edwin
Emery. Introduction to Mass Communication, New York: Harper and Row
Publisher, 1977.
Berlo, David. K. The Process of
Communication: An Introduction to Theory and Practice. New York: Holt,
Rinehart and Winston, 1960.
Bonar,
S. K. Hubungan Masyarakat Modern, Jakarta: PT Pembangunan, 1966.
Book, Cassandra L. Human Communication:
Principles, Contexs and Skills. New York: St. Martin’s Press, 1980.
Byrnees, Francis. C. Communication
(Reading Material). The International Rice Research Institute. Los Banos-
Philippines, 1965.
Cangara, Hafied. Ilmu Komunikasi dalam
Lintasan Sejarah dan Filsafat. Surabaya: Karya Anda, 1996.
-----------, Pengantar Ilmu Komunikasi,
Jakarta: PT Raja Grafindo, 2014.
Effendy,
Onong Uchjana. Hubungan Masyarakat, Suatu Studi Komunikasi, Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 1992.
Ruslan,
Rosady, Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi,
Jakarta: PT Raja Grafindo, 2014.
Post a Comment