UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH  PALEMBANG
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
JURUSAN JURNALISTIK

Nama Mata Kuliah       : Propaganda 
Kode Mt. Kuliah          : TIK
Jumlah SKS                 : 2 SKS
Semester                      : 5 (ganjil)
Program Studi              : Jurnalistik
Dosen                          : Muslimin, M. Kom. I

A.Deskripsi Mata Kuliah

Propaganda adalah suatu bentuk komunikasi yang menyampaikan kebenaran menurut versi propagandis dengan menggunakan cara-cara persuasif untuk mengubah atau memengaruhi masyarakat masyarakat atau massa yang menjadi targetnya atau memperkenalkan hal-hal baru.

B.   Kompetensi Standar
1.      Mahasiswa memahami dengan baik mengenai teori-teori yang berkenaan dengan propaganda.
2.      Mahasiswa memiliki kemampuan mengaplikasikan ilmu propaganda.
3.      Mahasiswa memiliki kemampuan mengembangkan pemikiran, gagasan,  dan keilmuan yang berkenaan dengan ilmu propaganda.

C.Topik-topik Perkuliahan

1.     Orientasi Perkuliahan
2.     Definisi dan Teori-Teori Propaganda
3.     Jenis, Fungsi, Tujuan, dan Komponen Propaganda
4.     Metode dan Teknik Propaganda
5.     Persuasi dan Penataan Teknik Propaganda
6.     Model-Model Komunikasi Propaganda
7.     Mid Semester
8.     Model dan Mekanisme Propaganda
9.     Propaganda dan Pembentukan Wacana
10.    Media Massa dan Propaganda
11.    Media Massa dan Komunikasi Politik Propaganda
12.  Agitasi dan Propaganda
13.    Film sebagai Alat Propaganda
14.    Ujian Akhir Semester
D.   Evaluasi
1.      Penulisan Makalah Sajian, dengan ketentuan.
a.       Memilih salah satu topik perkuliahan.
b.      Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c.       Kertas  ukuran A4.
d.      Minimal 5 halaman, di luar Kata Pengantar dan Daftar Pustaka
e.       Memenuhi syarat penulisan ilmiah. 

2.      Penulisan Makalah Akhir, dengan ketentuan
a. Memperbaiki makalah yang sudah disajikan.
b.Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c. Kertas  ukuran A4.
d. Memenuhi syarat penulisan ilmiah.

3.      Unsur-unsur penilian:
a.       Kehadiran                                      20%
b.      Keaktifan                                       20%
c.       Ujian Tengah Semester                  20%
d.      Ujian Akhir Semester                     20%
e.       Makalah                                         20%
______________________________
Total............................................100%


DAFTAR PUSTAKA

Abraham, Kathleen S. Communication Everyday Use. San Fransisco: Rinehart Press, 1977.
Agee, Warren K, Phillip H. Ault and Edwin Emery. Introduction to Mass Communication, New York: Harper and Row Publisher, 1977.
Berlo, David. K. The Process of Communication: An Introduction to Theory and Practice. New York: Holt, Rinehart and Winston, 1960.
Bonar, S. K. Hubungan Masyarakat Modern, Jakarta: PT Pembangunan, 1966.
Book, Cassandra L. Human Communication: Principles, Contexs and Skills. New York: St. Martin’s Press, 1980.
Byrnees, Francis. C. Communication (Reading Material). The International Rice Research Institute. Los Banos- Philippines, 1965.
Cangara, Hafied. Ilmu Komunikasi dalam Lintasan Sejarah dan Filsafat. Surabaya: Karya Anda, 1996.
-----------, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2014.
Effendy, Onong Uchjana. Hubungan Masyarakat, Suatu Studi Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992.
Nurudin, Komunikasi Propaganda, Bandung: Rosdakarya, 2001
Ruslan, Rosady, Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2014.
Shoelhi, Mohammad, Propaganda dalam Komunikasi Internasional, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2012.
Sobur, Alex, Analisis Teks Media, Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001


Post a Comment

 
Top