FAKULTAS DAKWAH
DAN KOMUNIKASI
JURUSAN
KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Nama Mata Kuliah : Komunikasi Dakwah
Kode Mt. Kuliah : KPI 501
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : 5 (ganjil)
Program Studi : Komunikasi Penyiaran Islam
Dosen : Dr. Muslimin, M. Kom. I.
A.Deskripsi
Mata Kuliah
Mata kuliah ini adalah istilah yang terdiri dari
kata, yaitu komunikasi dan dakwah. Menurut S. Ross, komunikasi
ialah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian
rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna suatu respon dari
pikirannya yang serupa dengan yang dimaksud komunikator. Sedangkan kata dakwah
(da’a) mengandung arti mengajak, menyeru,
memanggil, maka da’watan berarti ajakan, seruan, panggilan kepada Islam.
Jadi, komunikasi dakwah adalah peristiwa komunikasi di mana da’i menyampaikan
pesan melalui lambang-lambang kepada mad’u, dan mad’u menerima pesan itu,
mengolahnya dan kemudian meresponnya.
B.
Kompetensi
Standar
1.
Memahami dengan baik komunikasi yang digunankan da’i
dalam menyampaikan materti dakwah.
2.
Mampu mengaplikasikan
ilmu komunikasi dakwah dalam kegiatan dakwah guna mewujudkan dakwah yang profesional,
efektif, dan efisien.
3.
Mampu mengembangkan
pemikiran komunikasi dakwah untuk
mendukung kemajuan dan keberhasilan dakwah.
C.Topik-topik Perkuliahan
1. Orientasi
Perkuliahan
Pengantar
Umum Perkuliahan; penjelasan tentang sistem perkuliahan, kredit smester,
penulisan makalah, serta sistem evaluasi.
2. Pengertian, Ruang Lingkup, dan Manfaat Mempelajari Komunikasi Dakwah.
Komunikasi dakwah adalah
peristiwa komunikasi di mana da’i menyampaikan pesan melalui
lambang-lambang kepada mad’u, dan mad’u menerima pesan itu,
mengolahnya dan kemudian meresponnya. Uraikanlah pengertian, ruang lingkup, dan
manfaat mempelajari komunikasi dakwah.
3. Komunikasi Dakwah Intrapribadi
Komunikasi intrapribadi
meliputi sensasi, persepsi, memori, dan cara berpikir islami. Sebelum memanggil
dan mengajak seseorang, pendakwah harus memiliki kekuatan kesehatan jasmani,
ruhani dan kecerdasan spiritual. Berilah analisa tentang hal ini.
4. Komunikasi Dakwah Antarpribadi
Kemampuan komunikasi
antrapribadi bermanfaat untuk mengenal dan menilai seseorang dengan cermat agar
pendakwah dan mintra dakwah mampu menerapkan pendekatan komunikasi antar
pribadi. Berilah analisa
tentang hal ini.
5. Komunikasi Dakwah Antarkelompok
Komunikasi antarkelompok
adalah kemampuan pendakwah dalam memanfaatkan berbagai model kelompok. Berilah analisa tentang hal ini.
6. Komunikasi Dakwah Melalui Media Massa
Pendakwah diharapkan dapat mengakses media massa,
sehingga mereka mendapat peluang dan kesempatan memanfaatkan media untuk
menyampaikan pesan dakwahnya. Berilah analisa tentang hal ini.
7. Mid Semester
8. Memanfaatkan Efek
Komunikasi Massa dalam Dakwah
Menurut Ali Aziz, efek dakwah disebut atsar
dakwah. Umpan balik berkaitan dengan efek dakwah yang dibutuhkan dalam
menentukan langkah-langkah dakwah berikutnya. Berilah analisa tentang hal ini.
9. Menjadi Da’i
(Komunikator) Profesional.
Da’i profesional
adalah da’i yang mampu mengemas pesan dakwahnya bagi dirinya sendiri, keluarga,
kelompok, dan organisasinya. Berilah analisa tentang hal ini.
10. Kemampuan Da’i
Mengemas Pesan (Maudu’) Dakwah.
Bahasa merupakan kumpulan kata-kata yang memiliki
makna. Da’i sebagai dakwah harus menyampaikan pesan dakwah secara profesional.
Berilah analisa tentang hal ini.
11. Kuliah Penutup
Kuliah penutup berisi evaluasi terhadap proses
perkuliahan yang sudah berlangsung. Kemudian sharing opinion yang
dilakukan oleh dosen dan mitra perkuliahan (mahasiswa).
12. Ujian Akhir
Semester.
D.
Evaluasi
1.
Penulisan Makalah Sajian, dengan ketentuan.
a. Memilih salah satu
topik perkuliahan.
b. Ditulis ketik
komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 2 spasi.
c. Kertas ukuran A4.
d. Minimal 5 halaman, di
luar Kata Pengantar dan Daftar Pustaka
e. Memenuhi syarat
penulisan ilmiah.
2.
Penulisan Makalah Akhir, dengan ketentuan
a. Memperbaiki makalah yang sudah disajikan.
b. Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 2 spasi.
c. Kertas
ukuran A4.
d. Memenuhi syarat penulisan ilmiah.
3.
Unsur-unsur penilian:
a. Kehadiran 20%
b. Ujian Tengah Semester 20%
c. Ujian Akhir Semester 30%
d. Makalah 30%
______________________________
Total............................................100%
DAFTAR PUSTAKA
A. BUKU
Amin, Samsul Munir, Rekonstruksi
Pemikiran Dakwah Islam, Jakarta: Amzah, 2006.
Arbi, Armawati. Psikologi
Komunikasi dan Tabligh, Jakarta: Amzah, 2012.
Aripudin, Acep. Pengembangan Metode Dakwah: Respon Da’i Terhadap
Dinamika Kehidupan Beragama di Kaki Ciremai. Jakarta: PT Rajagrafindo
Persada, Cet. 1, 2011.
Hasjimi, A. Dustur Dakwah Menurut
al-Qur’an. Jakarta: Bulan Bintang, Cet. 3, 1994.
Ismail, A. Ilyas, dan Prio Hotman. Filsafat Dakwah: Rekayasa Membangun
Agama dan Peradaban Islam. Jakarta: Prenada Media Group, Cet. 1, 2011.
Ismail, A Ilyas. Paradigma Dakwah
Sayyid Quthub; Rekontruksi Dakwah Harakah. Jakarta: Penamadani, Cet. II,
2008.
Aziz, Moh. Ali, Ilmu
Dakwah, Jakarta: Kencana Prenada Group, 2004.
Mubarok, Achmad. Psikologi Dakwah. Jakarta: Pustaka
Firdaus, 1999.
Muhammad Abul Fath
Al-Bayanuni, Al-Madkhal ila ‘Ilm
Al-Da’wah : Dirasah Manhajiyyah Syamilah li Tarikh Al-Da’wah wa Ushuliha wa
Manahijiha wa Asalibiha wa Wasa’iliha wa Musykilatiha fi Dhaw’ al-Naql wa
al-‘Aql, Beirut: Mu’assasah Al-Risalah, Cet. Ke-2, 1994.
Tata, Sukayat. Internalisasi Nilai Agama Melalui Kebijakan Publik: Dakwah
Struktural Bandung Agamis. Bandung: CV. Rieksa Utama Jaya, Cet. 1, 2011.
B. HASIL
PENELITIAN, JURNAL, DAN MAKALAH
Ahmad, Amrullah, “Dakwah Islam
sebagai Ilmu Sebuah Kajian Epistemologi dan Struktur Keilmuan Dakwah: Bagian
Pertama”, Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, Vol. I, No. 1, Jakarta:
Fakultas Dakwah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1999.
---------,“Dakwah Islam sebagai Ilmu Sebuah Kajian Epistemologi dan
Struktur Keilmuan Dakwah: Bagian Pertama”, Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah dan
Kemasyarakatan, Vol. I, No. 2, Jakarta: Fakultas Dakwah IAIN Syarif
Hidayatullah Jakarta, 1999.
Alawiyah AS, Tutty, “Paradigma Baru
Dakwah Islam: Pemberdayaan Sosio-Kultural Mad’u”, Dakwah; Jurnal Kajian
Dakwah dan Kemasyarakatan, Vol. III, No. 2, Jakarta: Fakultas Dakwah IAIN
Syarif Hidayatullah Jakarta, 2001.
Nasichah, “Dakwah pada Masyarakat
Modern; Problem Kehampaan Spiritual”, Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah, Komunikasi
dan budaya, Vol. X, No. 2, Jakarta: Fakultas Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,
2003.
Salman, Islmah, “Strategi Dakwah di
Era Milenium,” Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah, Komunikasi dan Budaya, Vol. VI
No. I Jakarta: Fakultas Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2004.
Yusuf, M. Yunan, “Dakwah Bil Hal”, Dakwah Jurnal dan Kemasyarakatan,
Vol. 3. No. 2. Jakarta: IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2001.
---------, “Kode Etik Dakwah,”
Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, Vol. 4, No. 1, Jakarta:
Fakultas Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2003.
Post a Comment