Sumber Gambar: newsonynovanto.blogspot.com



INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI  RADEN FATAPALEMBANG
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
JURUSAN KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)


Nama Mata Kuliah      : Komunikasi Dakwah
Kode Mt. Kuliah         : KPI 501
Jumlah SKS                : 2 SKS
Semester                      : 5 (ganjil)
Program Studi             : Komunikasi Penyiaran Islam
Dosen                          : Dr. Muslimin, M. Kom. I.


A.Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini adalah istilah yang terdiri dari kata, yaitu komunikasi dan dakwah. Menurut S. Ross, komunikasi ialah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna suatu respon dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksud komunikator. Sedangkan kata dakwah (da’a) mengandung arti mengajak, menyeru, memanggil, maka da’watan berarti ajakan, seruan, panggilan kepada Islam. Jadi, komunikasi dakwah adalah peristiwa komunikasi di mana da’i menyampaikan pesan melalui lambang-lambang kepada mad’u, dan mad’u menerima pesan itu, mengolahnya dan kemudian meresponnya.

B.   Kompetensi Standar
1.      Memahami dengan baik komunikasi yang digunankan da’i dalam menyampaikan materti dakwah.
2.      Mampu mengaplikasikan ilmu komunikasi dakwah dalam kegiatan dakwah guna mewujudkan dakwah yang profesional, efektif, dan efisien.
3.      Mampu mengembangkan pemikiran komunikasi dakwah untuk mendukung kemajuan dan keberhasilan dakwah.

C.Topik-topik Perkuliahan

1.   Orientasi Perkuliahan
Pengantar Umum Perkuliahan; penjelasan tentang sistem perkuliahan, kredit smester, penulisan makalah, serta sistem evaluasi.

2.      Pengertian, Ruang Lingkup, dan Manfaat Mempelajari Komunikasi Dakwah.
Komunikasi dakwah adalah peristiwa komunikasi di mana da’i menyampaikan pesan melalui lambang-lambang kepada mad’u, dan mad’u menerima pesan itu, mengolahnya dan kemudian meresponnya. Uraikanlah pengertian, ruang lingkup, dan manfaat mempelajari komunikasi dakwah.

3.      Komunikasi Dakwah Intrapribadi
Komunikasi intrapribadi meliputi sensasi, persepsi, memori, dan cara berpikir islami. Sebelum memanggil dan mengajak seseorang, pendakwah harus memiliki kekuatan kesehatan jasmani, ruhani dan kecerdasan spiritual. Berilah analisa tentang hal ini.

4.      Komunikasi Dakwah Antarpribadi
Kemampuan komunikasi antrapribadi bermanfaat untuk mengenal dan menilai seseorang dengan cermat agar pendakwah dan mintra dakwah mampu menerapkan pendekatan komunikasi antar pribadi. Berilah analisa tentang hal ini.

5.      Komunikasi Dakwah Antarkelompok
Komunikasi antarkelompok adalah kemampuan pendakwah dalam memanfaatkan berbagai model kelompok. Berilah analisa tentang hal ini.

6.      Komunikasi Dakwah Melalui Media Massa
Pendakwah diharapkan dapat mengakses media massa, sehingga mereka mendapat peluang dan kesempatan memanfaatkan media untuk menyampaikan pesan dakwahnya. Berilah analisa tentang hal ini.

7.      Mid Semester

8.      Memanfaatkan Efek Komunikasi Massa dalam Dakwah
Menurut Ali Aziz, efek dakwah disebut atsar dakwah. Umpan balik berkaitan dengan efek dakwah yang dibutuhkan dalam menentukan langkah-langkah dakwah berikutnya. Berilah analisa tentang hal ini.

9.      Menjadi Da’i (Komunikator) Profesional.
Da’i  profesional adalah da’i yang mampu mengemas pesan dakwahnya bagi dirinya sendiri, keluarga, kelompok, dan organisasinya. Berilah analisa tentang hal ini.

10.  Kemampuan Da’i Mengemas Pesan (Maudu’) Dakwah.
Bahasa merupakan kumpulan kata-kata yang memiliki makna. Da’i sebagai dakwah harus menyampaikan pesan dakwah secara profesional. Berilah analisa tentang hal ini.

11.  Kuliah Penutup
Kuliah penutup berisi evaluasi terhadap proses perkuliahan yang sudah berlangsung. Kemudian sharing opinion yang dilakukan oleh dosen dan mitra perkuliahan (mahasiswa).

12.  Ujian Akhir Semester.


D.   Evaluasi
1.      Penulisan Makalah Sajian, dengan ketentuan.
a.    Memilih salah satu topik perkuliahan.
b.   Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 2 spasi.
c.    Kertas  ukuran A4.
d.   Minimal 5 halaman, di luar Kata Pengantar dan Daftar Pustaka
e.    Memenuhi syarat penulisan ilmiah. 

2.      Penulisan Makalah Akhir, dengan ketentuan
a. Memperbaiki makalah yang sudah disajikan.
b. Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 2 spasi.
c. Kertas  ukuran A4.
d. Memenuhi syarat penulisan ilmiah.


3.      Unsur-unsur penilian:
a.       Kehadiran                                     20%
b.      Ujian Tengah Semester                 20%
c.       Ujian Akhir Semester                    30%
d.      Makalah                                        30%
______________________________
Total............................................100%
  

DAFTAR PUSTAKA

A.    BUKU

Amin, Samsul Munir, Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam, Jakarta: Amzah, 2006.

Arbi, Armawati. Psikologi Komunikasi dan Tabligh, Jakarta: Amzah, 2012.

Aripudin, Acep. Pengembangan Metode Dakwah: Respon Da’i Terhadap Dinamika Kehidupan Beragama di Kaki Ciremai. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, Cet. 1, 2011.

Hasjimi, A. Dustur Dakwah Menurut al-Qur’an. Jakarta: Bulan Bintang, Cet. 3, 1994.

Ismail, A. Ilyas, dan Prio Hotman. Filsafat Dakwah: Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam. Jakarta: Prenada Media Group, Cet. 1, 2011.

Ismail, A Ilyas. Paradigma Dakwah Sayyid Quthub; Rekontruksi Dakwah Harakah. Jakarta: Penamadani, Cet. II, 2008.

Aziz, Moh. Ali, Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana Prenada Group, 2004.

Mubarok, Achmad.  Psikologi Dakwah. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1999.

Muhammad Abul Fath Al-Bayanuni, Al-Madkhal  ila ‘Ilm Al-Da’wah : Dirasah Manhajiyyah Syamilah li Tarikh Al-Da’wah wa Ushuliha wa Manahijiha wa Asalibiha wa Wasa’iliha wa Musykilatiha fi Dhaw’ al-Naql wa al-‘Aql, Beirut: Mu’assasah Al-Risalah, Cet. Ke-2, 1994.

Tata, Sukayat. Internalisasi Nilai Agama Melalui Kebijakan Publik: Dakwah Struktural Bandung Agamis. Bandung: CV. Rieksa Utama Jaya, Cet. 1, 2011.

B.     HASIL PENELITIAN, JURNAL, DAN MAKALAH

Ahmad, Amrullah, “Dakwah Islam sebagai Ilmu Sebuah Kajian Epistemologi dan Struktur Keilmuan Dakwah: Bagian Pertama”, Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, Vol. I, No. 1, Jakarta: Fakultas Dakwah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1999.

---------,“Dakwah Islam sebagai Ilmu Sebuah Kajian Epistemologi dan Struktur Keilmuan Dakwah: Bagian Pertama”, Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, Vol. I, No. 2, Jakarta: Fakultas Dakwah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1999.

Alawiyah AS, Tutty, “Paradigma Baru Dakwah Islam: Pemberdayaan Sosio-Kultural Mad’u”, Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, Vol. III, No. 2, Jakarta: Fakultas Dakwah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2001.

Nasichah, “Dakwah pada Masyarakat Modern; Problem Kehampaan Spiritual”, Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah, Komunikasi dan budaya, Vol. X, No. 2, Jakarta: Fakultas Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2003.

Salman, Islmah, “Strategi Dakwah di Era Milenium,” Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah, Komunikasi dan Budaya, Vol. VI No. I Jakarta: Fakultas Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2004.

Yusuf, M. Yunan, “Dakwah Bil Hal”, Dakwah Jurnal dan Kemasyarakatan, Vol. 3. No. 2. Jakarta: IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2001.

---------, “Kode Etik Dakwah,” Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, Vol. 4, No. 1, Jakarta: Fakultas Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2003.





Post a Comment

 
Top