FAKULTAS DAKWAH
DAN KOMUNIKASI
JURUSAN
KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
Nama Mata Kuliah : Metodologi Dakwah
Kode Mt. Kuliah : DAK 502
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : 5 (ganjil)
Program Studi : Komunikasi Penyiaran Islam
Dosen : Dr. Muslimin, M.
Kom. I.
A.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini terdiri dari kata, yaitu metode,
logos dan dakwah. Kata metode (Arab: thariqat atau manhaj)
diartikan tata cara. Kata logos (logi) berasal dari bahasa Yunani yang
berarti sabda atau buah pikiran yang diungkapkan dalam perkataan,
pertimbangan nalar atau arti. Sedangkan kata dakwah (da’a) mengandung arti mengajak, menyeru, memanggil, maka da’watan
berarti ajakan, seruan, panggilan kepada Islam. Jadi, metodologi dakwah adalah
ilmu yang mempelajari tata cara yang digunakan da’i (komunikator) untuk
menyampaikan materi dakwah Islam kepada mad’u (komunikan).
B.
Kompetensi Standar
1.
Memahami dengan baik
tata cara yang digunankan da’i dalam menyampaikan materi dakwah.
2.
Mampu mengaplikasikan
ilmu metodologi dakwah dalam kegiatan dakwah guna mewujudkan dakwah yang
profesional, efektif, dan efisien.
3.
Mampu mengembangkan
pemikiran medotologi dakwah untuk mendukung kemajuan dan keberhasilan dakwah.
C. Topik-topik
Perkuliahan
1. Orientasi
Perkuliahan
Pengantar
Umum Perkuliahan; penjelasan tentang sistem perkuliahan, kredit semester,
penulisan makalah, serta sistem evaluasi.
2. Pengertian, ruang
lingkup, dan manfaat mempelajari metodologi dakwah.
Metodologi dakwah adalah
ilmu yang mempelajari tata cara yang digunakan da’i (komunikator) untuk menyampaikan
materi dakwah Islam kepada mad’u (komunikan). Uraikanlah pengertian, ruang
lingkup, dan manfaat mempelajari metodologi dakwah. Uraikanlah pengertian,
ruang lingkup, dan manfaat mempelajari metodologi dakwah.
3. Metodologi Dakwah al-Hikmah (Ilmu Pengetahuan)
Hikmah dijadikan metode dakwah bersumber dari ayat
Al-Nahl [16]: 125. Metodologi dakwah melalui hikmah mempertimbangkan kemampuan
dan ketajaman rasional kadar akal penerima dakwah. Menurut M. Abduh hikmah
adalah ilmu yang sahih (valid). Berilah analisa tentang hal ini.
4. Metodologi Dakwah
al-Maw’izah al-Hasanah (Nasehat yang Baik)
Metodologi Dakwah al-Maw’izah al-Hasanah
diartikan memberi nasihat, memberi peringatan kepada seseorang yang dapat
menghantarkan bertaubat kepada Allah. Berilah analisa tentang hal ini.
5.
Metodologi Dakwah bil Mujadalah (Dialog
yang Bermartabat)
Dakwah dengan mujadalah dengan cara dialog.
Kata mujadalah dimaknai oleh mufasir al-Razi dengan dialog yang tidak
membawa kepada pertikaian dan kebencian, tetapi membawa kepada kebenaran.
Berilah analisa tentang hal ini.
6. Metodologi dakwah bi
al-Hal (Dakwah Pengembangan Masyarakat)
Dakwah bi al-Hal merupakan tindakan yang
mengarah pada pengembangan masyarakat Islam. Berilah analisa tentang hal ini.
7. Metodologi Dakwah
Kultural
Ketika masih berada di langit, konsep agama Islam
pastilah sempurna karena ia dari Tuhan Yang Maha sempurna. Tetapi ketika
membumi dan pemikiran manusia terlibat, maka agama Islam pun memiliki dimensi
kultural (budaya). Para ulama pun tidak mengklaim kebenaran mutlak pendapatnya
dengan kalimat, wallâhu a’lamu bi as-shawab (hanya Allah yang lebih
mengetahui mana yang benar).
Bagaimana proses dari dakwah kultural ini.
8. Metodologi Dakwah
Struktural
Dakwah struktural merupakan gerakan dakwah yang
berada dalam dan melalui kekuasaan. Aktivitas dakwah struktural yang bergerak
mendakwahkan ajaran Islam dengan memanfaatkan struktur politik, agar
nilai-nilai agama dapat diejawantahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Bagaimana proses dari dakwah struktural ini.
9. Metodologi Dakwah
Estetika (Keindahan)
Islam selalu identik dengan keindahan, sesuai
dengan hadits nabi, bahwa Allah sangat mencintai keindahan, karena Dia adalah Maha
Indah. Jika karya sastra menggunakan komunikasi verbal (diucapkan), karya seni
banyak mengutarakan komunikasi nonverbal (diperlihatkan). Pesan dakwah jenis
ini mengacu pada lambang yang terbuka untuk ditafsirkan oleh siapa pun.
Bagaimana proses dari dakwah estetika ini.
D. Evaluasi
1.
Penulisan Makalah Sajian, dengan ketentuan.
a. Memilih salah satu
topik perkuliahan.
b. Ditulis ketik
komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c. Kertas ukuran A4.
d. Minimal 5 halaman, di
luar Kata Pengantar dan Daftar Pustaka
e. Memenuhi syarat
penulisan ilmiah.
2.
Penulisan Makalah Akhir, dengan ketentuan
a. Memperbaiki makalah yang sudah disajikan.
b.Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c. Kertas
ukuran A4.
d. Memenuhi syarat penulisan ilmiah.
3.
Unsur-unsur penilian:
a. Kehadiran 20%
b. Ujian Tengah Semester 20%
c. Ujian Akhir Semester 30%
d. Makalah 30%
______________________________
Total............................................100%
DAFTAR PUSTAKA
A. BUKU
Arbi, Armawati. Psikologi
Komunikasi dan Tabligh, Jakarta: Amzah, 2012.
Aripudin, Acep. Pengembangan Metode Dakwah: Respon Da’i Terhadap
Dinamika Kehidupan Beragama di Kaki Ciremai. Jakarta: PT Rajagrafindo
Persada, Cet. 1, 2011.
Hasjimi, A. Dustur Dakwah Menurut
al-Qur’an. Jakarta: Bulan Bintang, Cet. 3, 1994.
Ismail, A. Ilyas, dan Prio Hotman. Filsafat Dakwah: Rekayasa Membangun
Agama dan Peradaban Islam. Jakarta: Prenada Media Group, Cet. 1, 2011.
Ismail, A Ilyas. Paradigma Dakwah
Sayyid Quthub; Rekontruksi Dakwah Harakah. Jakarta: Penamadani, Cet. II,
2008.
Aziz, Moh. Ali, Ilmu
Dakwah, Jakarta: Kencana Prenada Group, 2004.
Mubarok, Achmad. Psikologi Dakwah. Jakarta: Pustaka
Firdaus, 1999.
Muhammad Abul Fath
Al-Bayanuni, Al-Madkhal ila ‘Ilm
Al-Da’wah : Dirasah Manhajiyyah Syamilah li Tarikh Al-Da’wah wa Ushuliha wa
Manahijiha wa Asalibiha wa Wasa’iliha wa Musykilatiha fi Dhaw’ al-Naql wa
al-‘Aql, Beirut: Mu’assasah Al-Risalah, Cet. Ke-2, 1994.
Tata, Sukayat. Internalisasi Nilai Agama Melalui Kebijakan Publik: Dakwah
Struktural Bandung Agamis. Bandung: CV. Rieksa Utama Jaya, Cet. 1, 2011.
B. HASIL
PENELITIAN, JURNAL, DAN MAKALAH
Ahmad, Amrullah, “Dakwah Islam
sebagai Ilmu Sebuah Kajian Epistemologi dan Struktur Keilmuan Dakwah: Bagian
Pertama”, Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, Vol. I, No. 1, Jakarta:
Fakultas Dakwah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1999.
---------,“Dakwah Islam sebagai Ilmu Sebuah Kajian Epistemologi dan
Struktur Keilmuan Dakwah: Bagian Pertama”, Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah dan
Kemasyarakatan, Vol. I, No. 2, Jakarta: Fakultas Dakwah IAIN Syarif
Hidayatullah Jakarta, 1999.
Alawiyah AS, Tutty, “Paradigma Baru
Dakwah Islam: Pemberdayaan Sosio-Kultural Mad’u”, Dakwah; Jurnal Kajian
Dakwah dan Kemasyarakatan, Vol. III, No. 2, Jakarta: Fakultas Dakwah IAIN
Syarif Hidayatullah Jakarta, 2001.
Nasichah, “Dakwah pada Masyarakat
Modern; Problem Kehampaan Spiritual”, Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah, Komunikasi
dan budaya, Vol. X, No. 2, Jakarta: Fakultas Dakwah UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta, 2003.
Salman, Islmah, “Strategi Dakwah di Era
Milenium,” Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah, Komunikasi dan Budaya, Vol. VI No.
I Jakarta: Fakultas Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2004.
Yusuf, M. Yunan, “Dakwah Bil Hal”, Dakwah Jurnal dan Kemasyarakatan,
Vol. 3. No. 2. Jakarta: IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2001.
---------, “Kode Etik Dakwah,”
Dakwah; Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, Vol. 4, No. 1, Jakarta:
Fakultas Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2003.
Post a Comment