UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG
FAKULTAS
DAKWAH DAN KOMUNIKASI
JURUSAN
KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
Nama Mata Kuliah : Teknik Penulisan Naskah PR
Kode Mt. Kuliah : KPI 603
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : 6 (genap)
Program Studi : Komunikasi Penyiaran Islam
Dosen : H. Riza Pahlevi, MA.
A.Deskripsi
Mata Kuliah
Kemampuan tulis-menulis
naskah kehumasan (PR writing skill) sangat
diperlukan bagi seorang PRO (Public Relations Officer) atau Pejabat
Humas dalam pelaksanaan fungsinya. Itu berarti seorang PRO harus lebih banyak
latihan untuk dapat menguasai secara mutlak dasar-dasar teknik penulisan berita
(News Writing) yang akan dipergunakannya dalam membuat press release, artikel,
dan feature, digabung dengan formula 5W + 1 H.
Tulis-menulis itu
bukanlah semata-mata pekerjaan biasa/keterampilan umum, tetapi suatu kombinasi
pekerjaan otak yang didukung dengan kemampuan khusus untuk memadukan semua ide.
Pengetahuan dan kemampuan bahasa yang baik, berwawasan luas dan penuh
kreativitas mengolah suatu berita, press release, artikel atau feature yang
disusun secara padat dan singkat, tetapi menarik bagi pembacanya atau target
audiennya.
B.
Kompetensi
Standar
1.
Mahasiswa memahami
dengan baik mengenai teori-teori yang berkenaan dengan manajemen teknik penulisan
naskah PR.
2.
Mahasiswa memiliki
kemampuan mengaplikasikan teknik penulisan naskah PR.
3.
Mahasiswa memiliki
kemampuan mengembangkan pemikiran, gagasan, dan keilmuan yang berkenaan dengan teknik penulisan naskah PR.
C.Topik-topik Perkuliahan
1. Orientasi
Perkuliahan
Pengantar
Umum Perkuliahan; penjelasan tentang sistem perkuliahan, kredit smester,
penulisan makalah, serta sistem evaluasi.
2. Kiat, Teknik, dan
Tujuan Penulisan Naskah PR
Praktisi PR memerlukan persiapan yang cukup ketika
memulai menggarap suatu tulisan, gaya bahasa, suatu topic atau isu, dan hingga
merancang tujuan publikasi, serta strategi pesan yang hendak dicapai pada
sebuah tulisan tersebut. Berilah penjelasan tentang hal ini.
3. Kiat Membuat
Tulisan PR yang Menarik
Sebagai ilustrasi, dalam bercerita pada sebuah
berita atau artikel lainnya, tidak selalu menggunakan gaya bahasa yang kaku
(teknis). Banyak majalah, company profile, annual report dan sebagainya akan
kehilangan daya tarik bagi pembacanya, karena tidak memperhatikan
prinsip-prinsip gaya menulis yang hidup serta menarik perhatian. Berilah analisa
tentang hal ini.
4. Media Pertemuan
(Event)
Media pertemuan secara langsung dengan para audiennya
melalui tatap muka langsung (face to face), misalnya presentasi,
diskusi, seminar, pameran, naskah (script): naskah pidato (speech
writing), presentasi dan naskah sambutan. Berilah penjelasan tentang hal ini.
5. Siaran (release): Siaran pers (press release), siaran bertia (new release/letter)
dan journal magazine (majalah internal).
Press release, menurut Thomas
Bivins, dalam bukunya Handbook for Public Ralations Writing (1992), merupakan
informasi yang ingin disiarkan melalui pers, biasanya media cetak. Berilah
penjelasan tentang hal ini.
6. Profil perusahaan dan produk (Company Profile and
Product) dalam bentuk majalah.
Company Profile (profil
perusahaan) lebih banyak menampilkan aspek historis perusahaan, susunan
komisaris, jajaran direksi, system/struktur organisasi dan manajemen, jumlah
kantor cabang yang sudah ada, jenis produk atau jasa yang dikelola, hingga
nilai filosofi yang anut perusahaan. Berilah penjelasan tentang hal ini.
7. Mid Semester
8. Annual Repot (Laporan Tahunan), dan
Laporan Bulanan dan Semesteran.
Menurut David F.
Hawkins, Harvard Business School (1995), yaitu: The Principal purpose of the
annual report is to tell the company’s story to a multiplicity of audiences.
Tujuan utama dari laporan tahunan untuk menyampaikan berbagai informasi usaha
perusahaan terhadap khalayak sasarannya. Berilah penjelasan tentang hal ini.
9. Prospektus
Prospektus, merupakan
salah satu produk publikasi baru saat ini yang tengah menjadi trend di suatu
perusahaan yang akan “Go Public” dan menjual sahamnya di Pasar Bursa
Efek Jakarta (BEJ) atau Pasar Bursa Surabaya (PBS). Pada umumnya isi atau
materi publikasi dalam suatu propektus tersebut berisikan atau gabungan dari Annual
Report dan Company Profile. Hal ini merupakan cakupan fungsi atau
peranan dari Financial Public Relations Publication. Berilah penjelasan
tentang hal ini.
10. Printed Material
Barang cetakan untuk
tujuan publikasi PR dalam upaya penyampaian pesan-pesannya yang berbentuk,
seperti: Brochure, Leaflet, Booklet, Kop Surat, Kartu Nama, Kartu Ucapan
Selamat (Suplement), Kalender, dan lain sebagainya. Berilah analisa tentang hal ini.
11. Dokumentasi dan Kliping
Dokumentasi dan kliping
merupakan salah satu kegiatan Public Relation yang berkaitan dengan menelaah,
menganalisis dan kemudian mengevaluasi perkembangan dari kemajuan bisnis
perusahaan atau lembaga, aktivitas-aktivitas dan program acara tertentu-baik
bersifat komersial maupun nonkomersial yang telah dimuat atau dipublikasikan di
berbagai media massa. Berilah
penjelasan tentang hal ini.
- Ujian Akhir Semester
D.
Evaluasi
1.
Penulisan Makalah Sajian, dengan ketentuan.
a. Memilih salah satu
topik perkuliahan.
b. Ditulis ketik
komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c. Kertas ukuran A4.
d. Minimal 5 halaman, di
luar Kata Pengantar dan Daftar Pustaka
e. Memenuhi syarat
penulisan ilmiah.
2.
Penulisan Makalah Akhir, dengan ketentuan
a. Memperbaiki makalah yang sudah disajikan.
b.Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c. Kertas
ukuran A4.
d. Memenuhi syarat penulisan ilmiah.
3.
Unsur-unsur penilian:
a. Kehadiran 20%
b. Keaktifan 20%
c. Ujian Tengah Semester 20%
d. Ujian Akhir Semester 20%
e. Makalah 20%
______________________________
Total............................................100%
DAFTAR PUSTAKA
Abraham, Kathleen S.
Communication Everyday Use. San Fransisco: Rinehart Press, 1977.
Agee, Warren K, Phillip H. Ault and Edwin
Emery. Introduction to Mass Communication, New York: Harper and Row
Publisher, 1977.
Berlo, David. K. The Process of
Communication: An Introduction to Theory and Practice. New York: Holt,
Rinehart and Winston, 1960.
Bonar, S. K. Hubungan Masyarakat Modern,
Jakarta: PT Pembangunan, 1966.
Book, Cassandra L. Human Communication:
Principles, Contexs and Skills. New York: St. Martin’s Press, 1980.
Byrnees, Francis. C. Communication
(Reading Material). The International Rice Research Institute. Los Banos-
Philippines, 1965.
Cangara, Hafied. Ilmu Komunikasi dalam
Lintasan Sejarah dan Filsafat. Surabaya: Karya Anda, 1996.
-----------, Pengantar Ilmu Komunikasi,
Jakarta: PT Raja Grafindo, 2014.
Effendy, Onong Uchjana. Hubungan
Masyarakat, Suatu Studi Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992.
Ruslan, Rosady, Manajemen Public
Relation dan Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi, Jakarta: PT Raja
Grafindo, 2014.
Post a Comment